Michael Beri Spirit Baru Dalam Rapat Perdana Pembahasan RAPBD Sangihe

  • Whatsapp

Tahuna, detikawanua.com – Tergolong masih berusia muda menjabat Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Michael Thungari SE,MM langsung menunjukan kualitasnya ketika memimipin rapat pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) Sangihe Tahun Anggaran 2020, Jumat (22/11).

Bahkan walau baru perdana memimpin rapat terbesar kategori agenda pembahasan DPRD dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Politisi yang baru berusia 30 tahun itu tampil elegan dari meja pimpinan ketika mengatur ritme pembahasan yang sarat interupsi serta kriktikan dan koreksi terhadap Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) Organisasi Perangkat Daerah (OPD).
Tidak hanya mampu mengatur ritme persidangan, Michael yang baru periode pertama terpilih anggota DPRD Sangihe, juga turut proaktif mengajukan pendapat dan kritikan dari meja pimpinan ketika ada hal-hal yang belum berkenan, seperti mempertanyakan standar pendapatan asli daerah (PAD) setiap OPD maupun penerapan retribusi sampah di kawasan pertokoan pusat kota Tahuna oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

“Meski kami jauh lebih senior dari pak Michael, tapi kami harus angkat jempol ia mampu memimpin rapat dengan sangat siap. Padahal setahu saya selama mengikuti sidang, apalagi sidang RAPBD ini yang terbesar dalam agenda DPRD dan Ekekutif, baru kali ini saya lihat ada pimpinan dewan dari kalangan anak muda yang begitu siap dan tidak grogi memimpin sidang,”ungkap Kepala Inspektorat Sangihe, Nusrianto Pande SH dimintai tanggapan disela-sela pembahasan.

”Bahkan saat pembahasan PAD mulai buntu, pak Michael justru mampu memberikan solusi sehingga PAD Kabupaten Sangihe tahun 2020 berhasil disetujui sebesar Rp 65 miliyar, naik 20 miliyar lebih dari PAD tahun sebelumnya,” tambah Nusrianto.
Hal senada juga dilontarkan Asisten I Pemkab Sangihe, Drs. Irklis Sombonaung dikonfirmasi terpisah. Pejabat cukup senior yang merangkap tiga jabatan, Asisten I, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi serta Kepala Dinas Pemuda dan Olaharga Sangihe tersebut, mengaku kaget Michael bisa begitu cepat beradaptasi dalam rapat sebesar pembahasan RAPBD.
”Nyali keberanian juga melekat di pak Michael, dan faktor keberantian itu juga yang menopang latar belakang pendidikannya, sehinggga ia mampu memimpin rapat sebesar ini,”kata Irklis. (js)

Pos terkait