Example floating
Example floating
Example 728x250Example 728x250
SULAWESI UTARA

Jelang Idhul Fitri, Dispertanak Boltim Bakal Periksa Hewan Potong Hingga H-1

×

Jelang Idhul Fitri, Dispertanak Boltim Bakal Periksa Hewan Potong Hingga H-1

Sebarkan artikel ini

Kepala Dispertanak Boltim, Ramla Mokodompis.

Boltim, detiKawanua.com – Jelang Hari Raya Idul Fitri Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) akan melakukan pemeriksaan secara higienis (steril-red) mengenai sejumlah jenis hewan potong (daging-red) seperti, sapi kambing, serta ayam guna untuk konsumsi warga Muslim, khususnya di Boltim.
Kepala Dispertanak Boltim, Ramla Mokodompis saat disambangi diruang kerjanya membenarkan, memang dalam waktu dekat pihaknya akan segera melakukan pemeriksaaan terkait hewan potong, jelang idul Fitri yang tinggal menghitung hari.
“Kita akan lakukan pemeriksaan hewan disejumlah pasar-pasar hewan. Bahkan, sampai ke tempat pemotongan hewan ternak,” ungkapnya.
Lanjut dikatanknya, untuk pemeriksaan hewan potong tersebut, pihaknya akan dilakukan mulai pada Senin (13/07) pekan depan, hingga Satu hari sebelum hari Raya Idhul Fitri (H-1).
Menurutnya, ini sangat penting dilakukan demi kesehatan hewan potong terutama daging-daging hewan dimaksud. Pasalnya, daging hewan potong itu nantinya akan dikonsumsi oleh warga masyarakat Boltim di Hari Raya Idul Fitri nanti.
“Jadi kita harus pastikan kesterilannya dengan cara memeriksa hewan sedetail mungkin,” tegas Ramla, Kamis (09/07).
Ramla berharap, kepada warga Muslim di Boltim, agar nantinya ketika membeli daging untuk dikonsumsi maka, harus dapat membedakan mana, daging yang masih higienis dan yang sudah melek (tidak steril-ree).
“Saya mengimbau kepada warga nantinya ketika akan membeli daging untuk dikonsumsi pada Idul Fitri nanti, harus melihat kondisi atau kwalitas daging yang akan dibeli,” ujar Ramla, siang tadi. (Fidh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.