Gaghana Hadiri Tulude di Kampung Kuma

  • Whatsapp

Tahuna, detiKawanua.com – Bupati Jabes Ezar Gaghana menghadiri acara syukur Tulude di Kampung Kuma Kecamatan Tabukan Tengah (Tabteng) Selasa (16/2) di Kantor Kapitalaung. 

Bupati disambut secara adat oleh Pemerintah dan Masyarakat Kuma dengan peggelaran tarian adat upase, tarian salo dan tarian gunde. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Bacaan Lainnya

Bupati dalam sambutannya menyampaikan, ditengah-tengah pandemi covid 19, pelaksanaan Tulude dilaksanakan dengan kesederhanaan dengan tidak mengumpulkan banyak orang. Dan ini bukan hanya di Kuma tetapi sudah dilakukan sejak pelaksanaan tulude  Kabupaten Sangihe 31 Januari lalu.

”Tulude tahun ini pelaksanaannya sangat ketat, karena protokol covid 19 menuntut kita harus benar-benar tertib, namun tidak mengurangi kondisi realitas yang ada serta semangat masyarakat, pemerintah kampung Kuma bersama Pemerintah Kecamatan Tabteng yang boleh melaksanakan acara Tulude dalam konteks pemahaman bahwa ucapan syukur yang dirasakan dapat diterima oleh seluruh masyarakat, dan diyakini merupakan sebuah wujud kasih dan anugerah dari pada Tuhan semata,” ungkap Gaghana.

Lanjut dia, ada tiga esensi dalam pelaksanaan tulude yang pertama adalah membuat semua masyarakat Kuma menyadari kasih Tuhan karena boleh menjalani tahun sebelumnya termasuk tahun 2020.

“Esensi yang kedua dapat bersyukur kepada Tuhan bahwa seluruh masyarakat boleh dihentar memasuki Tahun yang baru 2021 penuh dengan berkat dan  anugerah yang menjadi bagian dalam perjalanan masyarakat. Dan boleh terhindar dari segala marabahaya,cobaan dan malapetaka yang mengintai kehidupan setiap saat bagi setiap orang,” ungkap Gaghana.

Esensi ketiga tambah dia, memohon pertolongan Tuhan karena kita masih diperhadapkan dalam kehidupan ditahun 2021, kiranya dengan berkat Tuhan dan pertolongan Tuhan I Ghenghonalangi Ruatang Saruluang boleh memberkati dan menyertai ketika memasuki hari-hari berikutnya.

“Kesadaran untuk kita merayakan Tulude adalah sebuah esensi dalam sebuah pemahaman ucapan syukur sekaligus doa menghadapi kehidupan yang akan datang,” tutup Gaghana.

Turut hadir Waka II DPRD Sangihe Michael Thungari, Sejumlah Pimpinan OPD, Camat Tabukan Tengah Yusak Karame SAP, Pemerintah Kecamatan, sejumlah Kapitalaung,Tokoh Agama,Tokoh Masyarakat,Tokoh Adat. (Js)

Pos terkait