Gaghana Launching Pastane

  • Whatsapp

Tahuna, detiKawanua.com – Bupati Sangihe Jabes E Gaghana SE ME secara resmi melaunching pelaksanaan Pasar Tani dan Nelayan (Pastane), Senin (16/12) yang dibuka di Pasar Tona Kecamatan Tahuna Timur.

Dalam kesempatan ini Gaghana mengatakan bahwa Pastane ini dibuka sebagai salah satu komitmen Pemkab Sangihe dalam upaya peningkatan taraf hidup masyarakat tani dan nelayan.

Bacaan Lainnya

“Ini sebagai salah satu terobosan dari Pemkab Sangihe untuk memberikan solusi terhadap hasil pertanian dan hasil nelayan. Sekaligus upaya meningkatkan kesejahteraan petani dan nelayan,” kata Gaghana.

Selain itu Gaghana meminta semua Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk ‘wajib’ membantu perekonomian tani dan nelayan dengan membeli secara langsung kepada petani dan nelayan di Pastane ini.

“Saya mengajak kepada seluruh ASN yang ada di lingkup Pemkab Sangihe untuk menjadi pembeli utama di PasTane ini, dalam rangka mambantu masyarakat petani dan nelayan kita, sekaligus memutus mata rantai para tengkulak yang kerap merugikan para petani dan nelayan kita. Dibukanya PasTane ini, adalah bentuk keberpihakan pemerintah kepada masyarakat yang selama ini menjadi objek para tengkulak,” tegas Gaghana.

Terpisah, Kepala Bagian Ekonomi Setda Sangihe, Johanis Pilar mengatakan, tujuan dibukanya PasTane setiap hari Senin dan Kamis dalam rangka menunjang program pemerintah Dua Hari Tanpa Makan Nasi, dimana pada setiap hari Selasa dan Jumat program two day no rice berlaku.

“Jadi untuk masyarakat bahkan seluruh ASN tidak akan lagi membeli hasil tani dan nelayan lewat para tengkulak. Ini merupakan program pemerintah daerah yang patut kita dukung bersama, demi kesejahteraan masyarakat petani dan nelayan,” ujar Pilat.

“Pasar yang dibuka setia hari Senin dan Kamis itu, akan menjual hasil pertanian dan hasil nelayan, dimana para petani dan nelayan bisa menjual langsung hasil tanaman dan hasil tangkapan mereka,” kuncinya. (js)

Pos terkait