Example floating
Example floating
Example 728x250Example 728x250
HEADLINEMANADOSULAWESI UTARA

1327 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih Untuk Pilkada Tahun 2024, Mulai direkrut KPU Kota Manado

×

1327 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih Untuk Pilkada Tahun 2024, Mulai direkrut KPU Kota Manado

Sebarkan artikel ini

Manado, detiKawanua.com – Sebanyak 1.327 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024 mulai direkrut Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado, yang dilangsungkan sejak Tanggal 13 hingga 19 Juni 2024.

Dikatakan Anggota Komisioner KPU Kota Manado, Ramli Pateda, pengumuman pendaftaran calon Pantarlih sebelumnya dilaksanakan tanggal 3 hingga 7 Juni 2024 lalu.

“Yang kita (KPU-red) perlukan itu untuk pantarlih sebanyak 1.327,” ujar Ketua Divisi SDM dan Sosparmas KPU Kota Manado, ditemui usai rapat koordinasi pembentukan Pantarlih dalam pemilihan Gubernur Sulut dan Wakil Gubernur serta Walikota dan Wakil Walikota Manado tahun 2024 di Hotel Sentra, Kamis (13/6).

Dijelaskannya, proses Rekrutmen Pantarlih telah di sosialisasikan kepada masyarakat melalui sejumlah platform media sosial dan sosialisasi lewat Badan Adhoc. Kendati demikian, pihaknya tetap memperhatikan syarat yang telah ditetapkan sebagai anggota Pantarlih.

“Syaratnya WNI, berusia paling rendah 17 tahun, tidak menjadi anggota Partai Politik yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah. atau paling singkat 5 tahun tidak lagi menjadi anggota partai politik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pengurus partai politik yang bersangkutan, berdomisili dalam wilayah kerja, mampu secara jasmani dan rohani dan berpendidikan paling rendah SMA-sederajat,” terangnya.

Lebih lanjut, Ramli mengatakan calon pendaftar Pantarlih yang tidak memiliki ijazah SMA karena rusak maupun hilang dapat melakukan pendaftaran dengan membuat surat pernyataan. Pihaknya, membuka peluang besar untuk perekrutan Pantarlih di Pilkada 2024.

“Standard kualifikasi SMA, paling tidak bisa membaca dan menulis. Pernyataan bermaterai,” paparnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.