Pj Sekprov Praseno Hadi Harapkan 323 CJH Sulut Jadi Haji Mabrur Dan Jaga Kesehatan

  • Whatsapp

Sulut, detikawanua.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut melalui Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekprov), Praseno Hadi, pada Senin (27/06/2022) malam tadi bertempat di Asrama Wisma Haji Tuminting-Manado, telah melepas 323 Calon Jamaah Haji (CJH) asal Bumi Nyiur Melambai (Sulut).

Diketahui, para Jamaah akan berangkat dari Bandara Sam Ratulangi menuju ke Balikpapan sebelum bertolak ke Tanah Suci. Sedikit bekal pun diberikan Pemprov Sulut bagi calon Jamaah Haji.

Bacaan Lainnya

Dimana Pemprov Sulut juga memberikan bantuan setiap calon jemaah haji ke embarkasi Balikpapan sejumlah Rp 2.500.000.

“Mudah-mudahan ini bisa meringankan beban bapak ibu sekalian,” ujarnya yang disambut bahagia para CJH

Dia pun membawa pesan Gubernur Sulut Olly Dondokambey agar para jemaah menjaga kesehatan selama berada di Jedaah Arab Saudi.

“Saat ini suhu disana sangat tinggi, 45 derajat celcius bahkan diperkirakan saat berada di padang arafah tadi pak kakanwil berbisik bisa mencapai 50 derajat celcius, jadi mesti banyak minum dan beristirahat,” jelasnya.

Persiapan dilakukan dengan memanjatkan doa, harapannya para calon jemaah bisa melaksanakan ibadah haji dengan baik.

Sementara, Kakanwil Kemenag Sulut Anwar Abu Bakar dalam sambutannya mengatakan suasana kebatinan seluruh calon jemaah luar biasa, karena selama 2 tahun terakhir semua menunggu momen penting ini.

Tak hanya itu, jemaah yang sejak pagi menunggu laporan hasil test PCR akhrinya disampaikan Kakanwil Anwar Abu Bakar.

“Alhamdulilah, seluruhnya semua dinyatakan negatif,” ujarnya yang disambut dengan tepuk tangan meriah oleh seluruh calon jemaah.

Dia pun menerangkan bahwa semua jemaah telah mendapatkan bimbingan manasik Haji baik ditingkat kabupaten dan kecamatan.

“Bahkan sejak mereka masuk ke asrama haji manado ini, juga telah dilakukan oleh seluruh petugas yang akan menyertai Jamaah Sulut, semoga bisa kembali menjadi haji yang mabrur,”kuncinya.

Hadir IPHI Sulut, Kemenag agama dan Stakeholder terkait lainnya. (*/mild70)

Pos terkait