PemDes Teep Trans Laksanakan Pelatihan dan Peningkatan Kapasitas Linmas

  • Whatsapp

MINSEL, detiKawanua.com – Demi Peningkatan Kapasitas dalam menjaga keamanan dan ketentraman di Desa maka Pemerintah Desa (Pemdes) Teep Trans Kecamatan Amurang Barat Kabupaten Minahasa selatan menggelar Pelatihan dan Peningkatan Satuan Perlindungan masyarakat (Linmas) yang bertempat di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kantor Desa, Rabu (19/01/22).

Acara yang dibuka dengan Doa dilanjutkan dengan menyanyikan Indonesia Raya dihadiri oleh para narasumber antaranya Camat Amurang Barat Drs. Hanny N. C. Kondoy, M.Si. yang langsung memberikan Materi terkait Linmas, dalam arahannya Camat murah senyum mengapresisi Pemerintah Desa dan Perangkat sudah melakukan acara ini.

Bacaan Lainnya

“Saya memberikan apresiasi kepada Hukum Tua Desa Teep Trans Ibu Silvana M. Wahongan  SP yang telah mengupayakan  kegiatan pelatihan ini dan ketersedian waktu, tempat dan anggaran sehingga boleh mengundang Narasumber dari Kepolisian dan TNI sehingga ini menjadi lebih terpusat dan dapat memperkuat para Linmas untuk kedepan,” ucap Kondoy.

Lanjut Camat tugas Linmas antara lain dalam menjaga keamanan di saat Pilhut nanti dan Kedepan Linmas mampu menjaga kedamaian di Desa

“Arti Linmas sendiri adalah salah satu wadah yang tugasnya adalah melaksanakan/membela Negara sebagaimana yang tercantum dalam UUD’45 pasal 27 ayat 3 mengatakan;  Setiap warga Negara berhak dan wajib dalam membela Negara. Untuk itu berbicara keamanan adalah tanggung jawab kita bersama,” tambah Kondoy.

Hal senada juga di katakan oleh Danramil Amurang Kapten Inf. Ramli Hamanja dalam pemberian materi kepada 8 anggota Linmas, apa yang dikatakan Pak Camat yaitu UUD 45 Pasal 27 ayat 3.

“Dimana pokok dasar Linmas melaksanakan tugas itu mengacu pada UUD’45 pasal 27 ayat 3 berbunyi; “Setiap warga Negara berhak dan wajib dalam membela Negara,” jelas Danramil.

Mewakili Kapolsek Amurang
Bribka Artur Lintang pun menjelaskan hal yang sama dalam membawa Linmas kedepan bagaimana Rasa Nasionalis dan Bekerja keras dalam tugas.

Setelah peserta mendapatkan pelatihan dan teori mengenai tugas dan fungsi Linmas, langsung dilaksanakan uji kompetensi dari masing-masing peserta yang diawali dengan gerakan baris berbaris dan menghafal dengan menyebutkan Pancasila yang  di pimpin oleh Dan Ramil Amurang Kapten Inf. Ramli Hamanja.

Hadir dalam Pelatihan ini, Camat Amurang Barat, Danramil Amurang Kapten Inf. Ramli Hamanja, Kapolsek Amurang Barat yang diwakili oleh Bribka Artur Lintang yang juga sebagai Babinkamtibmas, Serda Yulianus Babinsa Desa Teep Trans serta peserta pelatihan Linmas Hukum Tua Desa Teep Trans dan seluruh perangkat desa.
(Vandytrisno/ep)

Pos terkait