Di Kunjungi Wagub dan Forkopimda Sulut, Ini Kata Bupati Pontoh

Bolmut, detiKawanua.com – Bertempat di kawasan wisata Batu pinagut Boroko, Pemerintah Daerah (Pemda) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut),menerima kunjungan kerja. (Kunker) Wakil Gubernur Provinsi Sulut Drs. Steven O. E. Kandouw bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulut. Selasa (05/05/20)

Dalam Kunker di Bolmut Tersebut dalam rangka Bhakti Sosial dengan tema “Forkopimda Sulut Peduli Masyarakat Pesisir Sulawesi Utara”. Turut serta Panglima Kodam XIII Merdeka Mayjen. TNI. Santos G. Matondang, M.M., MTr (Han), Kapolda Sulut Irjen. Pol. Drs. Royke Lumowa, M.M., Danlantamal VIII Manado Brigjen. TNI. (Mar) Donar Philip Rompas dan Danlanud Sam Ratulangi Kolonel. Pnb. Johnny Sumaryana, S.E.

Bacaan Lainnya

Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kepedulian terhadap masyarakat nelayan pesisir di Bolmut.

“Pemerintah Daerah sangat bersyukur atas pemberian bantuan sosial bagi masyarakat pesisir yang merupakan salah satu kelompok masyarakat yang merasakan dampak sosial ekonomi karena Pandemi Covid-19,”Kata Bupati Bolmut dalam sambutannya.

Bupati juga menjelaskan, dalam percepatan penanganan Covid-19 di daerah, Pemkab Bolmut telah melakukan refocusing dan realokasi pada APBD Tahun 2020 sebesar Rp. 29.347.646.125, dengan rincian untuk belanja bidang kesehatan sebesar Rp. 20.234.645.500, penanganan dampak ekonomi melalui pemberdayaan UMKM sebesar Rp. 350.000.000 dan penyediaan jaring pengaman sosial melalui pemberian bantuan sosial kepada masyarakat sebesar Rp. 8.763.000.625.

“Terkait dengan pemberian bantuan sosial dampak Covid-19, dilaporkan bahwa jumlah masyarakat kurang mampu di Kabupaten Bolmut sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kemensos RI per Januari 2020 adalah 29.957 Jiwa atau 7.848 KK atau 34,93 Persen dari jumlah penduduk,” ucap Bupati.

Lanjut, di Tahun 2020 Kabupaten Bolmut mendapat bantuan sosial dari Pemerintah Pusat melalui Kemensos RI berupa Program Keluarga Harapan (PKH) berjumlah 2.893 KK, Bantuan Sembako untuk 4.617 KK dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada 3.245 Jiwa atau 1.044 KK. Kemudian BLT Desa berjumlah 11.577 KK dan bantuan sosial Pemerintah Daerah untuk 4.469 KK dengan total keseluruhan mencakup 24.600 KK.

Dirinya berharap melalui program bantuan sosial dari Pemerintah Pusat, Povinsi dan Daerah dapat membantu masyarakat kurang mampu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dalam situasi, antispasi dan pencegahan Pandemi Covid-19, karena paling penting saat ini rakyat harus sehat dan tidak lapar.

Data pemetaan penaggulangan Covid-19 Kabupaten Bolmut per Tanggal 5 Mei 2020, Positif Covid-19 1 orang dimana saat ini pasien sedang dirawat di Ruang Isolasi RSUD Bolmut dan dalam kondisi baik, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 4 orang, PDP meninggal 1 orang, Orang Dalam Pemantauan (ODP) 33 orang, Orang Tanpa Gejala (OTG) 27 orang dan Orang Riwayat Perjalanan (ORP) 1.255 orang.

Melihat data yang ada, Bupati Bolmut menghimbau seluruh masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan ke luar daerah, meningkatkan kewaspadaan dengan tetap berada di rumah dan melakukan Social dan Physical Distancing.

“Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, peran serta masyarakat sangat diperlukan dalam penanganan Covid-19, dengan mematuhi aturan dan himbauan Pemerintah kita dapat memutus mata rantai penyebaran Virus Covid-19,” tutup Bupati.

Diketahui, Rombongan Wakil Gubernur bersama Forkopimda Sulut yang bertolak dari Manado melalui jalur laut telah lebih dulu memantau langsung kondisi wilayah perbatasan laut antara Provinsi Sulut dengan Provinsi Gorontalo. dan jajaran Pemerintah Daerah secara simbolis menyerahkan berbagai bantuan, diantaranya sembako sebanyak 150 paket kepada masyarakat pesisir, bantuan 100 buah Kitab Suci Al Quran, bantuan masker dan BLT Desa kepada 11.577 KK di 106 Desa dan 1 Kelurahan. Bhakti Sosial tersebut berlangsung dengan protokol pencegahan Covid-19.

Turut hadir Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena, M.AP., Ketua DPRD Bolmut Frangky Chendra, Unsur Forkopimda Bolmut, Sekretaris Daerah Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si., Pimpinan SKPD, para Camat serta Sangadi dan Tokoh Masyarakat.(Advertorial/foto Humas Bolmut)

Pos terkait