1494 APD dan 18 Ruang Isolasi Bakal Layani Pasien Covid-19 di Minahasa

  • Whatsapp

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa, dr Maya Rambitan Mkes.

Minahasa, detiKawanua.com – Sedikitnya 18 Ruangan isolasi serta 500 alat pelindung diri (APD) bagi petugas medis bakal disiapkan Pemerintah Kabupaten Minahasa dalam menghadapi ancaman virus corona atau Covid-19 secara serius.

Muat Lebih

Hal tersebut merupakan sarana pendukung dan bekal untuk menangani pasien yang terinfeksi begitu juga konskwensi dini para petugas medis.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Minahasa, dr Maya Rambitan Mkes mengatakan bahwa Pemkab Minahasa sudah memesan 500 (alat pelindung diri (APD) untuk mengantisipasi dan penanganan pasien yang diduga terpapar Covid-19

“Jadi yang disiapkan saat ini ada 10 ruang perawatan di Rumah Sakit DR Sam Ratulangi Tondano dan masing masing 1 ruang isolasi di 8 Puskesmas diminahasa,” ujar Rambitan, Kamis (26/03).

500 APD yang dianggarkan menurut Rambitan,nantinya akan disebar di sejumlah Puskesmas yang telah disiapkan untuk penanganan awal pasien diduga terdampak Covid-19.

Diakuinya, untuk RS juga sudah ada 994 APD yang dianggarkan oleh Pemerintah Provinsi. Untuk tahap selanjutnya bahkan nantinya masih ada penambahan.

Menurutnya jika dikalkulasi yang dianggarkan pemkab dan provinsi dengan total berjumlah 1494 APD.

“Untuk sementara di RS sudah tersedia 4 ruangan,3 ruangan dengan 1bed, dan 1 ruangan dengan 7 bed”urainya.

“Sebenarnya anggaran sudah dialokasi, hanya saja barangnya yang sangat sulit didapat. Untuk RS Sam Ratulangie Tondano misalnya, sudah ada 994 APD dari provinsi,” kuncinya Rambitan.

Diketahui data dari dinkes hinggah saat ini jumlah pasien positif Corona masih belum ada, sementara pasien dalam pengawasan (PDP) berjumlah 1 orang, sedangkan Orang dalam pemantauan (ODP) berjumlah 36 orang. (Baim)

Pos terkait