Gaghana Hadiri Perayaan Tulude di Jemaat Patmos Tahuna

  • Whatsapp

Tahuna, detiKawanua.com – Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Jabes E Gaghana SE ME menghadiri perayaan Tulude di Gereja Patmos Tahuna, Kelurahan Soataloara Kecamatan Tahuna, Minggu (09/02).

Kegiatan tersebut turut dihadiri, Camat Tahuna, Kabak Humas, Kasat Satpol PP, Kadis Pemuda dan olaraga, Lura Soataloara Dua, pimpinan Gereja dan Warga Jemaat.

Muat Lebih

Acara dimulai dengan penjemputan secara adat mendangeng sake, selanjutnya mendangeng tamo banua. Menahulending oleh Ketua Jemaat Patmos Tahuna dan pemotongan kue adat tamo.

Ibadah dipimpin Pdt. Amrosius Makasar M.Th menyampaikan, Tulude adalah acara teologia yang dikemas sakral berdasarkan kearifan lokal oleh leluhur yang menembus ruang dan waktu. Sehingga gereja berkewajiban juga melestarikannya sebagai bentuk pengucapan syukur atas kasih Allah I Geghonalangi Ruata Saruluang.

“Sangihe ikekendage adalah salah satu pengakuan Iman kita, saat ini Pemerintah Kabupaten Sangihe ada agenda berbahasa Sangihe disetiap hari jumat, hal ini dilakukan untuk mengembalikan sangihe, begitu pun dua hari tanpa makan nasi ketika hal ini dilakukan maka disana banyak pencapaian, pencapaian pendapatan petani sangat meningkat dan menurunkan angka kemiskinan, dua hari tanpa makan nasi juga bertujuan membuka lapangan pekerjaan,” kata Gaghana.

Selain itu, dikatakannya, pasar tani dan nelayan (PASTANE) juga menjadi salah satu program kita, ini juga bertujuan meningkatkan perekonomian warga masyarakat.

“Perayaan Tulude di Gmist Patmos Tahuna ini, menunjukan sinergitas dan komitmen bersama antara pemerintah dan gereja dalam pelestarian adat dan budaya. Tulude telah menasional karena menembus propinsi dan kabupaten di wilayah Indonesia yang dilaksanakan oleh warga Nusa Utara,” ujar Gaghana diakhir sambutan.

Acara tersebut dimerikan dengan Music Bambu, Masamper, Patmos Yout Choir, Sekretaris Jemaat Patmos S. Madonsa menyampaikan, terima kasih kepada semua pihak yang mendukung terselenggaranya perayaan Tulude di Gmist Jemaat Patmos Tahuna terlebih kepada rekan-rekan sekerja yang telah berjerih lelah demi suksesnya agenda jemaat ini. (js)

Pos terkait