114 Anggota BPD Dan 3 Sangadi, Resmi Dilantik Bupati Sehan Landjar

  • Whatsapp

Boltim, detiKawanua.com – Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) terpilih sebanyak 114 dari hasil seleksi di 24 Desa se-Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), resmi dilantik Bupati Boltim, Sehan Salim Landjar SH pada Jumat (10/01).

Bupati mengatakan, disela pemanggilan nama anggota BPD yang akan dilantik, ada sejumlah BPD yang tidak hadir, sehingga dirinya menegaskan bahwa anggota BPD yang tidak hadir pada saat pelantikan secara otomatis batal untuk dilantik. “Yang tidak hadir, jangan lantik. ganti saja mereka yang tidak hadir pada pelantikan ini,” tegas Bupati.

Bacaan Lainnya

Usai melantik anggota BPD, Sehan Landjar menyampaikan sambutannya dimana sesuai amanat UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, bahwa Kepala Desa dan BPD adalah pelaksana Pemerintahan di Desa.

Sangadi dan BPD sama seperti Bupati dan DPRD kabupaten, sehingga dalam tahapan perencanaan program dan kegiatan di desa yang terlibat secara partisipatif kedua lembaga tersebut. “Hilangkan mindset lama dimana, semua urusan pemerintahan di desa adalah tugas Sangadi, dan BPD tinggal menandatangani laporan pertanggung jawaban,” tandas Bupati.

Diakhir sambutannya, Dirinya mengingatkan kepada seluruh anggota BPD harus mengetahui jumlah APBDes, dan program kegiatan yang akan dilaksanakan sesuai prioritas berdasarkan kebutuhan masyarakat, mengawasi Sangadi pada pelaksanaan pemerintahan, namun tidak mencari-cari kesalahan.

Sementara, Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Tapem), Ikhlas Pasambuna menuturkan bahwa, Bupati juga melantik Tiga Kepala desa (Sangadi-red) terpilih yakni Sangadi Desa Mooat, Desa Jiko Utara dan Desa Molobog Timur, dari hasil pemilihan antar waktu maupun penjabat Sangadi.

“Iya benar ada 3 Sangadi dan 114 BPD yang dilantik hari ini. Namun, yang berhalangan hadir batal dilantik,” terangnya.

Sangadi yang dilantik, lanjutnya, yaitu Sangadi Desa Mooat Darwin Mamonto menggantikan almarhum Rovi Pangaila, sangadi Jiko Utara Jahya Jacobs menggantikan almarhum Max Tampone, dan penjabat sangadi desa Molobog Timur, Sandra Dewi Tololiu, S.Pd. “Untuk Desa Molobog Timur adalah desa ke 81 pemekaran desa dari Desa Molobog, Sangadi ditunjuk langsung,” papar Ikhlas.

Turut hadir pada acara tersebut adalah wakil Bupati Boltim Drs. Rusdi Gumalangit, Kapolres Boltim AKBP. Irham Khalid SIK, Sekretaris daerah (Sekda), para Asisten, kepala OPD, serta Sangadi.(Fidh)

Pos terkait