Bersama OD-SK, Dua Jenderal TNI Polri Ini Jamin Keamanan Sulut Natal dan Tahun Baru

  • Whatsapp

Manado, detikawanua.com – Agenda utama kunjungan kerja dari dua jenderal bintang empat yakni, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis pada Senin (23/12/2019) mulai pagi tadi di sejumlah titik lokasi termasuk dua gereja besar di Manado Sulawesi Utara, yang pada intinya selain untuk memastikan persiapan pengamanan dari jajaran Kodam XIII Merdeka dan Polda Sulut untuk perayaan Natal dan malam Tahun Baru 2020 nanti di Sulut terjamin, juga membangun sinergitas dan silaturahmi bersama masyarakat dan para tokoh agama serta ormas.

Sejak tiba di Manado pada Minggu (22/19/2019) malam, kedua jenderal bersama rombongan tersebut telah disambut Gubernur Olly Dondokambey di VVIP Bandara Sam Ratulangi, yang selanjutnya dilanjutkan ramah tamah bersama. Dan pada Senin pagi tadi bertempat di Graha Gubernuran Bumi Beringin Manado, didampingi Gubernur Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Steven Kandouw dan Sekprov Sulut, Edwin Silangen, oleh Panglima Hadi dan Kapolri Idham telah menyampaikan sambutan mereka dihadapan ribuan masyarakat serta jajaran TNI Polri.

Bacaan Lainnya

“Saya yakin persiapan pengamanan sudah berjalan baik. Insyaallah pengamanan berjalan aman, tertib dan kondusif. Saya berpesan untuk rekan-rekan TNI Polri untuk terus membangun kekompakan, solidaritas dan sinergitas bersama masyarakat, dan tokoh-tokoh agama. TNI-Polri tidak bisa kerja sendiri tanpa dukungan Pemda dan masyarakat,” terang Kapolri yang mengungkapkan kesan tersendiri terhadap masyarakat Sulut yang memang cinta damai dan hebat.

“Potret masyarakat Manado ditularkan masyarakat di seluruh Indonesia,” ujarnya seraya mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Olly beserta jajaran TNI Polri di Sulut.

“Dukungan Pak Gubernur dan kebersamaan ini terasa sekali. Dan saya juga ikut merasakan perayaan Natal, karena banyak juga keluarga saya beragama nasrani,” tambah Idham.

Adapun dirinya mengajak semua komponen masyarakat mempererat tali persaudaran. Satu di antaranya dengan membangun komunikasi. Dimana, menurutnya pula bahwa tidak ada masalah yang tak akan selesai ketika membangun komunikasi.

“Ini modal awal dasar bagaimana mengelola situasi keamanan dan ketertiban bisa berjalan lancar. Mohon dukungan masyarakat kepada TNI Polri dalam membackup kinerja,” pungkas Kapolri.

Sementara itu, melalui penyampaiannya Panglima Hadi meminta semua komponen teruslah menjalin kebersamaan, yang dalam momentum perayaan Natal Tahun Baru dalam keadaan aman. Disisi lain juga, panglima meminta bagi jajarannya (TNI) serta Polri dan semua elemen untuk tetap mewaspadai tentang teroris dan harus dicegah.

“Cegah, deteksi, n see something. Apapun yang mencurigakan segera laporkan keaparat. Seseorang datang, tanya ada apa? laporkan. Ada pergerakan mencurigakan laporkan sedini mungkin dan akan ditindaklanjuti aparat guna lakukan antisipasi,” terang panglima seraya mengatakan TNI Polri ingin memberi rasa aman di Bumi Nyiur Melambai dengan melaksakan pengamanan yang melibatkan masyarakat, bahkan Pemuda Masjid, Pemuda Anshor dan kelompok masyarakat lain.

“Mereka mengamankan tempat ibadah, jalan raya, tempat keramaian. Saya pesan komponen masyarakat yang ingin dan ikut serta harus dipupuk dibina agar tidak jadi kesalahpahaman, jangan lakukan sweping. Itu tugas Polri dan Pemerintah,” ujar Panglima.

Hadir pada kesempatan itu, Pangdam XIII/Merdeka,Mayjen TNI Tiopan AritonangKapolda Sulut, Irjen Pol R. Sigid Tri Hardjanto, Danlantamal VIII Manado, Laksma TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta, Wakapolda Sulut, Brigjen Pol Alex Mandalika, Kasdam XIII/Merdeka, Brigjen TNI Fajar Setyawan, dan Danlanudsri Manado, Kolonel Pnb Johnny Sumaryana. (Mild70/*)

Pos terkait