69 Tahun Bhayangkara, Polda Sulut Diharapkan Jokowi ‘Berbenah’

  • Whatsapp
Kapolda Sulut, Brigjen Pol. Drs. Wilmar Marpaung saat memberikan penghargaan Presiden RI berupa Tanda Kehormatan Bintang Bhayangkara Nararya kepada para personel Polda Sulut dan jajaran. (Ist)
Manado, detiKawanua.com – Seluruh Pejabat Utama, Anggota Polri dan PNS Kepolisian Daerah (Polda) Sulut serta TNI ikuti upacara Peringati Hari Bhayangkara ke-69, Rabu (01/07), yang bertempat di Lapangan Uupacara Mapolda Sulut.
Kesempatan itu, bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup), Kapolda Sulut, Brigjen Pol. Drs. Wilmar Marpaung, dengan Komandan Upacara AKBP Arya Perdana.
Kapolda Marpaung, saat membacakan amanat tertulis Presiden RI, Joko “Jokowi” Widodo, mengatakan, tugas Polri kedepan akan semakin berat dan kompleks. Sementara tuntutan dan harapan masyarakat terhadap Polri juga semakin meningkat. Oleh karena itu, untuk menghadapi tantangan tugas tersebut, Presiden mengajak seluruh personel Polri untuk meningkatkan kinerja baik dalam pemeliharaan Kamtibmas, penegakan hukum maupun dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.
Di Bidang Pemeliharaan kamtibmas, Presiden Jokowi berharap agar Polri lebih mengedepankan tindakan pencegahan, sebagai upaya terpeliharanya stabilitas kamtibmas guna menjamin rasa aman masyarakat. Sedangkan di Bidang penegakan hukum, Presiden meminta untuk diberantasnya praktik “mafia hukum” di kepolisian atau yang lebih dikenal dengan istilah “makelar kasus”.
“Hal lain yang menjadi perhatian Presiden adalah dalam Bidang Perlindungan, Pengayoman dan Pelayanan masyarakat. Pada bidang ini, Presiden juga menaruh harapan kepada Polri agar memberikan perlindungan yang memadai bagi kelompok rentan dan minoritas, serta dipangkasnya pelayanan yang berbelit,” ujarnya.
Disebutkanya, sejalan dengan program “Revolusi Mental” yang dicanangkan oleh pemerintah, pada tahun 2015 ini Polri juga telah menetapkan 11 Program Prioritas. Sebab itu, Presiden Jokowi menegaskan, agar program tersebut harus benar-benar dilaksanakan, bukan hanya formalitas semata. Selain itu Presiden mengharapkan, harus ada hasil nyata yang dirasakan sebagai suatu perubahan yang positif konstruktif.
Pada kesempatan ini, Kapolda juga menyerahkan penghargaan Presiden RI berupa Tanda Kehormatan Bintang Bhayangkara Nararya kepada para personel Polda Sulut dan jajaran, yang diwakili oleh AKBP Herry A. Kolondam, IPDA I.G.M. Subagia Giri dan AIPTU Jerta Ben Kasiang.
Hadir pada upacara tersebut, Wakil Gubernur beserta Forkopimda Sulut, Konjen Filipina, Ketua DPRD Sulut, Kabinda Sulut, Danrem 131/Santiago, Danlantamal VIII Manado, Danlanudsri Manado, Ketua Pengadilan Tinggi Sulut, Kepala BNN Sulut, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sulut, Ketua KPU Sulut, Ketua Bawaslu Sulut, para Pimpinan: Perguruan Tinggi, Bank, BUMN, Media Massa, Bhayangkari, Purnawirawan Polri, Warakawuri, KBPPP. (*)

Pos terkait