Example floating
Example floating
Example 728x250
SULAWESI UTARA

PGE Area Lahendong Raih Sertifikat Proper Emas Berdayakan Masyarakat dan Lingkungan

×

PGE Area Lahendong Raih Sertifikat Proper Emas Berdayakan Masyarakat dan Lingkungan

Sebarkan artikel ini
PGE Area Lahendong Raih Sertifikat Proper Dengan Kontribusi Positif Berdayakan Masyarakat dan Lingkungan, Manado, Rabu 7 Mei 2024. Foto : ist

Tomohon, detikawanua.com – Kontribusi positif terus ditunjukan PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) Area Lahendong, Sulawesi Utara, dengan berdayakan masyarakat dan lingkungan dan ekonoki di wilayahnya secara konsisten sehingga meraih penghargaan.

Berkat komitmen tersebut, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan apreasi kepada PGEA Area Lahendong berupa penghargaan PROPER Emas 2023 untuk Program Inovasi Sosial ‘Mapalus Tumompaso.’ Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, melalui Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Utara, menggelar penyerahan sertifikat PROPER di Hotel Peninsula, Manado pada Rabu (7/5).

Penyerahan sertifikat PROPER dilakukan secara langsung oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, yang diwakili oleh Asisten III, DR Fransiskus Manumpil, kepada General Manager PGE Area Lahendong, Novi Purwono.

“Apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh perusahaan peraih PROPER baik Biru, Hijau, dan Emas. Semoga capaian ini menjadi motivasi bagi perusahaan untuk terus meningkatkan kinerja terbaiknya dalam menjaga lingkungan,” ujar DR Fransiskus Manumpil dikonfirmasi pada Kamis, 8 Mei 2024.

General Manager PGE Area Lahendong Novi Purwono mengutarakan rasa bangga dan berterima kasih terutama pada semua karyawan PGE Area Lahendong atas kerja keras dan kontribusi terhadap capaian ini.

PGE Area Lahendong Raih Sertifikat Proper Dengan Kontribusi Positif Berdayakan Masyarakat dan Lingkungan, Manado, Rabu 7 Mei 2024. Foto : ist

Ia menegaskan bahwa capaian PROPER Emas bukan merupakan tujuan utama, melainkan bentuk kepedulian PGE Area Lahendong terhadap lingkungan dan masyarakat, yang harus diupayakan berbagai pihak.

“Capaian Proper Emas ini adalah bonus dari upaya nyata dan konsistensi PGE Area Lahendong dalam menjaga keseimbangan operasional perusahaan dengan lingkungan dan kehidupan masyarakat,” ujar Novi Purwono.

Mapalus Tumompaso merupakan program pengembangan ekosistem ekonomi sirkular yang bertujuan mengoptimalkan potensi masyarakat di dekat wilayah kerja PGE Area Lahendong di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.

“Hadirnya program ini ditujukan untuk menjawab tantangan lokal, termasuk bagaimana mengoptimalkan potensi kemampuan masyarakat yang tidak tersalurkan, utilisasi produk samping sumber daya panas bumi, serta potensi kolaborasi antar-UMKM sekitar,” ujar Novi Purwono.

PGE Area Lahendong selama ini konsisten untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat maupun lingkungan. Perusahaan juga turut menginisiasi berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat, peningkatan kapasitas, dan pemeliharaan serta pengembangan infrastruktur di area kerjanya.

PGE Area Lahendong merupakan satu-satunya perusahaan di provinsi Sulawesi Utara yang meraih penghargaan bergengsi tersebut. PROPER Emas adalah pengakuan tertinggi bagi perusahaan yang melampaui standar pengelolaan lingkungan dan secara konsisten berupaya meningkatkan kesejahteraan sosial secara berkelanjutan.

Tentu saja prestasi ini sejalan dengan Zero Accident Award yang diterima oleh PGE Area Lahendong atas kinerja excellent jam kerja selamat hingga tahun 2023 yang mencapai 14.488.476 jam.
***
Tentang PT Pertamina Geothermal Energy Tbk.
PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) (IDX: PGEO) merupakan bagian dari Subholding Power & New Renewable Energy (PNRE) PT Pertamina (Persero) yang bergerak di bidang eksplorasi, eksploitasi, dan produksi panas bumi.

Saat ini PGE mengelola 13 Wilayah Kerja Panas Bumi dan 1 Wilayah Kerja Penugasan dengan kapasitas terpasang sebesar 1.877 MW, terbagi 672,5 MW yang dioperasikan dan dikelola langsung oleh PGE dan 1.205 MW dikelola dengan skema Kontrak Operasi Bersama.

Kapasitas terpasang panas bumi di wilayah kerja PGE berkontribusi sekitar 80% dari total kapasitas terpasang panas bumi di Indonesia, dengan potensi pengurangan emisi CO2 sebesar sekitar 9,7 juta ton CO2 per tahun.

Sebagai world class green energy company, PGE ingin menciptakan nilai dengan memaksimalkan pengelolaan end-to-end potensi panas bumi beserta produk turunannya serta berpartisipasi dalam agenda dekarbonasi nasional dan global untuk menunjang Indonesia net zero emission 2060.

PGE memiliki kredensial ESG yang sangat baik dengan 16 penghargaan PROPER Emas sejak 2011 sampai 2023 dalam penghargaan kepatuhan lingkungan tertinggi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Peringkat & Keterlibatan ESG. b.A*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.