Serahkan Bantauan Banjir Di Papakelan Tondano, Gubernur Olly: Masyarakat Tidak Sendiri Ada Pemerintah

Minahasa, detikawanua.com – Empati dan keprihatinan peduli akan musibah bencana alam banjir yang terjadi di Kelurahan Papakelan Kecamatan Tondano Timur, Kabupaten Minahasa, pada Sabtu baru-baru ini, oleh Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey pun turun langsung memantau dan bertemu masyarakat di lokasi banjir tersebut, Senin (07/11/2022).

Dalam kunjungan tersebut, Gubernur Olly pun telah menyerahkan sejumlah bantuan berupa, alas matras, selimut, mie instan, biskuit kaleng, perlengkapan mandi serta kebutuhan bahan natura lainnya, termasuk bantuan dana dengan nominal bervariasi sesuai tingkat kerusakan guna perbaikan rumah warga yang mengalami kerusakan, dengan harapan adanya bantuan tersebut kiranya dapat meringankan beban para warga yang terdampak banjir.

Adapun oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa telah mendata, dimana terdapat 205 unit rumah yang rusak, dengan rincian 7 rumah rusak berat, 16 rusak sedang dan 182 rusak ringan.

“Warga tidak sendiri memikul beban musibah. Karena pemerintah akan berupaya untuk memberikan bantuan. Saya menyatakan rasa prihati yang sedalam-dalamnya atas musibah bencana banjir dialami masyarakat Papakelan. Pemerintah Provinsi Sulut berupaya untuk membantu perbaikan rumah warga yang rusak,” terang Gubernur Olly dengan merinci untuk rumah yang rusak berat mendapat bantuan dana sebesar Rp10 juta, rusak sedang Rp5 juta dan rusak ringan Rp2,5 juta.

“Dana bantuan itu untuk perbaikan rumah dan akan ditransfer di rekening bank masing-masing,” tambahnya.

Lanjutnya, untuk saat ini pemerintah sudah mengambil langkah-langkah darurat dengan bersama-sama masyarakat, instansi terkait, termasuk pihak kecamatan dan kelurahan guna melakukan evakuasi masyarakat terdampak untuk diarahkan ke Posko pengungsian di SD GMIM Papakelan.

“Termasuk menyiapkan makan malam bersama para donatur dan masyarakat setempat, juga mengefektifkan mobil makanan dari Dinas Sosial, serta menyiapkan kasur dan tempat tidur,” jelas Olly.

Sementara itu Pemkab Minahasa menurut Bupati Royke O.Roring pada saat kejadian telah berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk efektivitas penerimaan dan penyaluran bantuan kepada masyarakat terdampak.

“Untuk bantuan makanan dan tempat tidur serta kebutuhan lainnya sudah disiapkan oleh Dinas Sosial dan BPBD,” ujar Bupati ROR.

Adapun dalam laporan yang ada, pada saat kejadian (peristiwa banjir) tersebut terdapat salah satu warga di lingkungan 2 sempat hanyut terbawa arus untuk menolong seorang anak kecil. Namun korban berhasil ditolong oleh warga masyarakat dengan bantuan mobil operasional BPBD Kabupaten Minahasa dan selanjutnya dilarikan ke rumah sakit umum Sam Ratulangi Tondano untuk mendapat pertolongan medis.

Diketahui, kunjungan Gubernur Olly ke lokasi banjir didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulut Joi Oroh, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Provinsi Sulut Denny Mangala serta sejumlah pejabat Pemkab Minahasa.

(*/Mld)

Share post:

KOTA MANADO

Inflasi Di Sulut Diangka 3 Persen Berkat Program OD-SK “Marijo Ba Kobong”

Minahasa, detikawanua.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut)...

Pesan Gubernur Olly Menghadiri Ibadah Sekaligus Pelantikan PPR-K XVI FK PKB-GPI Di Minahasa

Minahasa, detikawanua.com - Pemerintah selalu ada hadir ditengah masyarakat...

Gubernur Olly Bersama MenPAN-RB Bertemu Bahas Kuota ASN Dan Kegiatan Di Sulut

Jakarta, detikawanua.com - Melaksanakan pertemuan bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur...

dr Devi Kadis P3A Sulut Jadi Narasumber Pembekalan Calon Mahasiswa IAKN Manado

Manado, detikawanua.com - Mengantisipasi tantangan "3 Dosa" besar yakni...