Peringati Dharma Samudera Ke 60 DanLanal Tahuna Pimpinan Upacara  Tabur Bunga 

  • Whatsapp

Tahuna, detiKawanua.com – Hari Dharma Samudera diperingati setiap tanggal 15 Januari setiap tahunnya. Peringatan ini ditujukan untuk memperingati peristiwa heroik yaitu Pertempuran Laut Aru antara Tentara Indonesia dengan Belanda untuk membebaskan Irian Barat pada tanggal 15 Januari 1962 di Perairan Maluku, dalam peringatan tersebut Lanal Tahuna melaksanakan upacara tabur bunga di teluk Tahuna di atas KAL. Pulau Sangihe kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kolonel Laut (P) Sobarudin MTr Hanla, Kapten Laut (S) Priyono selaku Komendan upacara, Latda Laut (S) Fausan bertugas sebagai perwira upacara.

“15 Januari 1962 ada peristiwa heroik dan kita peringati kembali untuk mengenang kembali perjuangan para pendahulu kita ketika mempertahankan NKRI, 15 Januari 1962 ini merupakan momentum kita untuk kembali bahwa pada pertempuran laut Aru yang terjadi salah satu tokoh pahlawan nasional TNI Angkatan Laut yang rela mengorbankan nyawanya demi  kembalinya Papua ke NKRI dan pada puncaknya pada tanggal 15 tersebut beliau gugur bersama prajurit-prajurit terpilih bangsa Indonesia di KRI macan tutul,” kata Sobarudin.

Bacaan Lainnya

Sobarudin berharap kepada seluruh prajurit TNI-AL maupun non TNI mari kita bersama-sama mengisi kemerdekaan ini dengan hal – hal yang terbaik bagi bangsa dan negara yang dicintai bersama.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Mayor Laut (S) Steifel R. Mandey (Pasintel Lanal Tahuna), Kapten Laut (P) Wartokid (Pasop Lanal Tahuna), Seluruh Perwira Lanal Tahuna,  Seluruh Anggota Bintara dan Tamtama Lanal Tahuna. (Js)

Pos terkait