Ratusan Warga Antusias Ikuti Vaksinasi, Pemdes Kayumoyondi Berikan Doorprize

  • Whatsapp

Boltim, detiKawanua.com – Pelaksaan vaksin covid -19, di desa Kayumoyondi Kecamatan Tutuyan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Hari ini Jumat (19/11/2021) berjalan baik. Nampak, warga masyarakat antusias berdatangan sembari menunggu antrian untuk divaksin.

Menariknya, Pemerintah desa (Pemdes) menyediakan doorprize (hadiah-red) berupa paket teruntuk warga yang datang melakukan vaksin.

Bacaan Lainnya

Kepala desa (Sangadi-red) Kayumoyondi Masrianto Patra saat dikonfirmasi mengatakan, tujuan vaksin diantaranya agar warga masyarakat terlindungi dari covid-19, meningkatkan imun tubuh terhadap virus, juga mencegah penularan covid-19.

“Utamanya, menyehatkan warga masyarakat dan mengurangi transmisi atau penularan covid-19, serta melindungi masyarakat dari covid-19 agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi. Vaksinasi merupakan, salah-satu upaya pemerintah dalam menangani masalah covid-19. Marilah kita melakukan vaksin demi dan untuk kesehatan kita semua” jelas, Patra seraya mengajak.

Terkait adanya doorprize, dari Pemdes itu untuk merangsang minat masyarakat melakukan vaksin, jadi kita sediakan paket hadiah seperti beras 5 Kilogram (Kg), gula putih 1 Kg, minyak goreng 1 Kg, dan 1 bungkus kopi ukuran besar.

“Yang ada 40 lebih paket kita sediakan, kepada warga yang datang dengan syarat harus divaksin. Paket tersebut, kita akan tambah jumlahnya sesuai jumlah warga melakukan vaksin. Dan ini gratis untuk mereka. Saya berharap program vaksinasi ini diikuti oleh warga secara antusias, guna percepatan penanganan pandemi covid-19,” ujar, Patra kepada media ini siang tadi, pada Jumat (19/11/2021).

Senada dituturkan Sekretaris desa (Sekdes) Kayumoyondi, Muksin Gobel bahwa kegiatan vaksin ini, sudah pada tahap dua dilakukan. Ini untuk mencegah penularan covid-19, meningkatkan daya tahan tubuh sebab, vaksin paling efektif untuk mencapai kekebalan tubuh terhadap penyakit.

“Semua vaksin covid-19 telah melalui uji klinis untuk memastikan keamanan penggunaan dari vaksin. Oleh karenanya, ini sangat penting, marilah kita memahami manfaat vaksinasi. Dihimbau, kepada seluruh warga desa Kayumoyondi khususnya umumnya kepada warga masyarakat agar tidak lagi memiliki keraguan untuk mendapatkan vaksin,” pinta, Muksin.

Lanjut, Muksin katakan, bahwa dari data akurat desa Kayumoyondi mempunyai jumlah penduduk 1033 jiwa. Sedangkan wajib vaksin usia 12 Tahun ke atas, berjumlah 838 orang. “Hari ini jumlah warga Kayumoyondi 113 orang, dan warga diluar ada 7 orang, total 120 orang melakukan vaksinasi. Untuk dosis 1 ada 37 orang. Sedangkan dosis 2 berjumlah 76 orang. Dosis 2 capai 29% dari total wajib vaksin” jelas, Muksin.

Ditemui awak media ini, sejumlah warga setempat, usai lakukan vaksinasi mengatakan, merasa biasa saja. “Tidak ada yang saya rasakan. Vaksin bahkan menyehatkan tubuh saya. Saya sudah dua kali divaksin, dan setelah selang 30 menit disuntik vaksin saya tidak merasakan gejala apapun,” ucap, Bainula Mandagi.

Juga penuturan warga yang sama, Seni Raden mengungkapkan dirinya sudah kali kedua ini melakukan vaksinasi, dan tidak merasakan gejala apa apa. “Perasaan seperti biasa, tak ada gejala apapun. Vaksin itu membuat kita sehat, daya tahan tubuh atau imun kita menjadi tahan terhadap virus covid-19,” tuturnya, dan ikut diiyakan Jayanti Tabo.

Tidak ada efek saya rasakan, setelah 30 menit penyuntikan vaksin. Jika kita ingin sehat, maka mari kita lakukan vaksinasi karena sangat penting bagi kesehatan. “Kita baik-baik saja. Tidak ada gejala yang dirasakan usai divaksin,” ungkap, Sari Damopolii bersama Hamsia Mokodompit.

(Fidh)

Pos terkait