KPU Kota Manado Gelar Koordinasi PDPB Periode September 2021

  • Whatsapp

Manado, detiKawanua.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado kembali melaksanakan Rapat Koordinasi Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (PDPB) untuk periode bulan September Tahun 2021, Senin (04/10) bertempat di Aula KPU Kota Manado.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Ketua KPU Kota Manado, Jusuf Wowor, dan dihadiri Komisioner KPU Kota Manado, Sekretariat KPU Kota Manado, Bawaslu Kota Manado, dan Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Manado.

Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Manado, Abdul Gafur Subaer, saat membacakan hasil rekapitulasi PDPB untuk bulan september 2021, total pemilih berjumlah 331.778.

“Hasil PDPB untuk periode September 2021, jumlah pemilih laki-laki 163.314 dan pemilih perempuan 168.474. Jadi jumlah laki-laki ditambah perempuan keseluruhannya berjumlah 331.788 tersebar di 11 Kecamatan Kota Manado,” ungkap Gafur.

Lanjut Gafur, Data sementara ini akan terus dimutakhirkan oleh KPU Kota Manado dan berharap mendapat tanggapan aktif dari masyarakat.

“Dalam masa pandemi covid-19 ini, kami berharap masyarakat dapat proaktif untuk memberikan tanggapan melalui media sosial yang dimiliki oleh KPU,” kata Gafur.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Manado, Marwan Kawinda menyampaikan, PDPB ini memerlukan kerjasama yang baik dengan Disdukcapil sehingga bisa mendapatkan daftar pemilih yang nantinya akan disandingkan dengan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) dari pemerintah.

“Diharapkan juga Dukcapil Kota Manado dapat bekerjasama untuk menghasilkan data pemilih yang berkualitas,” ucap Marwan.

Menanggapi yang disampaikan Ketua Bawaslu Kota Manado, perwakilan dari Disdukcapil Kota Manado, Julia Sanger menyampaikan, siap membantu KPU dan terus berdasarkan pada aturan yang berlaku.

Ia mengatakan, pergerakan penduduk tetap bergerak. Ada yang meninggal, berusia 17 tahun, pensiun TNI/Polri, masuk TNI/Polri, pindah domisili dan lain-lain.

“Prinsipnya kami tentu mendukung tahapan pemutakhiran data pemilih yang dilaksanakan oleh KPU Kota Manado,” kata Julia.


(Enda)

Pos terkait