Kpu Manado Gelar Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan.

  • Whatsapp

Manado, detiKawanua.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado menggelar Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan, Jumat (02/07), bertempat di Aula KPU Kota Manado.

Dilaksanakannya Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan ini bermaksud untuk memperbaharui data pemilih guna mempermudah proses pemutakhiran data dan penyusunan Daftar Pemilih pada Pemilu/Pemilihan berikutnya.

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Koordinator Divisi Data, Abdul Gafur Subaer, bahwa rekapitulasi daftar pemilih berkelanjutan dengan jumlah sebanyak 331.711.

“jumlah pemilih laki-laki berjumlah 163.310 dan perempuan 168.401, dan total seluruh pemilih 331.711 yang tersebar di 11 Kecamatan dan 87 Kelurahan,” ungkap Gafur.

KPU Kota Manado dalam melaksanakan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan ini, telah menyiapkan layanan Pelaporan dan Tanggapan Masyarakat,

“Bisa melalui secara online atau secara offline, atau juga bisa dengan mengakses aplikasi dego-dego pemilih, termasuk rekomendasi Pemerintah Kota Manado dalam menginformasikan data kependudukan untuk dimutakhirkan,” jelasnya.

“Kedepannya kami mengharapkan setiap stakeholder serta masyarakat dapat membantu dalam memutakhirkan data pemilih demi mendapatkan data pemilih yang berkualitas,” Gafur menambahkan.

Sementara itu Anggota Bawaslu Kota Manado, Hard Runtuwene menyampaikan, pemutakhiran data pemilih seharusnya didukung oleh Pemerintah Kota Manado.

“Dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan bantuan dari kepala-kepala lingkungan yang ada di Kota Manado agar dapat menghasilkan data pemilih yang berkualitas. Kepala – kepala lingkungan diharapkan dapat membantu KPU Kota Manado karena mereka yang lebih mengetahui keadaan yang ada di masyarakat,” jelas Runtuwene.


(Enda)

Pos terkait