Sandra Rondonuwu Usulkan Seragam Tahanan KPK Diganti Warna Hitam Bergambar Tengkorak.

  • Whatsapp

Sulut, detiKawanua.com – Anggota DPRD Sulut, Sandra Rondonuwu mengusulkan Pakaian yang digunakan tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang berwarna oranye diganti menjadi warna hitam.

Usulan tersebut disampaikan saat kegiatan Audiensi dan Koordinasi Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi bersama Naramsuber dari Deputi Bidang Koordinasi dan Supervisi Pencegahan wilayah IV KPK, Andi Purwana, Rabu (16/06) bertempat di ruang Paripurna DPRD Sulut.

Menurutnya, seragam yang dikenakan tahanan KPK saat ini mirip dengan warna salah satu tas branded ternama.

“Seragam yang diberikan oleh KPK yaitu warna oranye. Ini terlalu selebriti, apalagi warna ini adalah simbol salah satu merek tas terkenal yaitu tas Hermes,” kata Sandra Rondonuwu.

Ia pun mengusulkan kalau warna seragam tersebut kalau bisa diganti warna Hitam dan bergambar tengkorak.

“Bolehkah diganti warna hitam dan ditaruh tengkorak,” ujarnya.

Menanggapi usulan dari Ketua Badan Kehormatan DPRD Sulut ini, Deputi Bidang Koordinasi dan Supervisi Pencegahan Wilayah IV KPK, Andi Purwana menyampaikan alasan dipilih warna oranye karena sebenarnya merupakan pembelajaran bagi Koruptor.

“Kalau koruptor di Negara Jepang, indikator koruptornya itu mereka biasa sampai bunuh diri karena malunya setengah mati menghadapi kamera. Tapi Begitu di Indonesia, kok malah ketawa-ketawa, malah senyum-senyum. Akhirnya kita diskusi dengan ahli psikologi dan lain-lain, sebaiknya gimana, memang salah satunya dipermalukan di publik, dan itu salah satu hukuman sosial,” jelas Andi.

“Lalu gimana caranya, bisa saja di pakaikan seragam oranye itu. Kemudian orang lain akan melihat, harapannya kalau orang dipermalukan akan membalikkan citranya dari jalan yang lurus,” tambahnya.

Andi juga mengemukakan, sebelumnya terdapat banyak pilihan warna seragam tahanan KPK, dan ia pun tidak menafikan warna tersebut kedepan masih bisa berubah.

“Banyak pilihan waktu itu. Oranye, merah dan lain-lain. Akhirnya sementara dipilih warnanya seperti itu. Apakah masih bisa berubah, masih bisa, tetapi nanti ada pertimbangan-pertimbangannya,” tandasnya.


(Enda)

Pos terkait