Gaghana Paparkan Program Sangihe Mengajar di KSF ke-19

Tahuna, detiKawanua.com – Jabes Ezar Gaghana, SE. ME menjadi salah satu Narasumber  pada Knowledge Sharing Forum- Universitas Terbuka (KSF-UT), acara yang digelar secara webinar yang  dibuka langsung oleh rektor Universitas Terbuka (UT),Prof.Ojat Darojat,M,Ph.D  KSF-UT  dengan mengangkat   tema implementasi kampus merdeka untuk mendukung pembangunan Indonesia dari pinggiran, bertempat di Hotel & Resort Casa de Wanea Manado, Senin (3/5/21).

Bupati kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana, pada acara yang digelar secara online, membawakan materi terkait Implementasi Kampus Merdeka untuk Mendukung Pembangunan Indonesia dari pinggiran.

Bacaan Lainnya

“Tema Webinar yang saya sampaikan ini, merupakan perhatian pemerintah pusat secara khusus universitas terbuka. Kami yang ada di wilayah perbatasan merasa bangga atas tema yang menjadi perhatian universitas terbuka,” ungkap Jabes.

Lanjut dia menjelaskan, terkait dunia pendidikan di Kabupaten kepulauan Sangihe ada delapan strategi utama yang  dibangun di Kabupaten Kepulauan Sangihe untuk penguatan kapasitas SDM dan optimalisasi pemanfaatan SDA untuk pemulihan ekonomi daerah.

“Kami juga mempunyai program primadona yakni Sangihe Mengajar. Karena kami memahami betul keterbatasan rekrutmen guru yang dilakukan pemerintah pusat sangat terbatas,” beber Jabes.

“Di satu sisi guru pensiun semakin banyak dan keterbatasan yang ada. Sehingga saat ini kami telah merekrut 170 orang tenaga guru S1 yang belum terekrut menjadi PNS,” sambungnya.

Berkaitan dengan kehadiran UT, mahasiswa dari Kabupaten Kepulauan Sangihe yang sementara mengikuti pendidikan di UT sebanyak  3.030 orang dengan alumni 2.499 orang yang telah menyelesaikan studi.

“UT sangat membantu pendidikan di Sangihe dan menjadi primadona bagi masyarakat kami,” pungkas Jabes.

Selain Bupati JEG beberapa orang pun menjadi narasumber dan menyampaikan materi yaitu, H.Bambang Soesatyo,SE, M.B.A ketua MPR-RI,Nadiem Makarim,BA,M.B.A,Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI yang materi disampaikan oleh dirjen Dikti Pro.Ir.Nizam,M.Sc,DIC,Ph.D, Jenderal  TNI (Purn),Dr.H.Moeldoko,S.I.P Kepala staff Kepresidenan  Indonesia.

Turut hadir pada kesempatan itu,kepala badan Bapelitbangda Kabupaten Sangihe  Felix Gagaube,Kepala dinas pendidikan Djoli Mandak,jajaran universitas Terbuka. (Js)

Pos terkait