Sah, Di Istana Negara Presiden Jokowi Lantik Langsung Olly-Steven Sebagai Gubernur dan Wagub Sulut

  • Whatsapp

(foto:ist)

Jakarta, detiKawanua.com – Tercatat sejak tanggal hari ini Senin 15 Februari 2021, Olly Dondokambey dan Steven Kandouw resmi menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara masa jabatan 2021-2026 yang dilantik langsung Presiden RI Joko Widodo, di Istana Negara Jakarta.

Bacaan Lainnya

Pelantikan di masa pandemi ini berbeda, dimana kehadirannya terbatas hanya di hadiri oleh ketua DPRD, Sekprov Sulut dan juga keluarga inti isteri dan anak.
Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw kembali memimpin Sulawesi Utara di Periode kedua.

Diharapkan apa yang sudah di proklamirkan menjadikan Sulut semakin hebat dapat terwujud dan pembangunan nyata memihak kepada masyarakat.

Pasangan petahana memenangkan pemilihan pilkada Sulut pada 2020 lalu dengan perolehan suara 821.503.
Sulut tercatat tidak memiliki tanggungan gugatan pilgub dalam pilkada 2020 lalu. Karenanya, pasangan gubernur dan wakil gubernur Sulut dilantik paling pertama oleh Presiden Jokowi bersama gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Utara.

Total ada sembilan provinsi yang menggelar pilgub pada 2020 lalu. Selain Sulut dan Kaltara, provinsi lain yang menggelar pemilihan gubernur dan wagub adalah Sumatra Barat, Riau, Jambi, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Bengkulu, dan Sulawesi Tengah.

Sebelum dilantik, Olly Dondokambey dan Steven OE Kandouw terlebih dahulu mengikuti kirab yang dipimpin langsung Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Kirab itu juga diikuti oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Pelantikan itu berdasarkan Keppres dengan Nomor Nomor 19 / P Tahun 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut masa jabatan 2021-2024. Seusai pembacaan Keppres, Jokowi langsung mengambil sumpah jabatan kepada Olly Dondokambey dan Steven Kandouw.

“Demi Tuhan saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya memegang teguh Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturan dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa, ”ujar Jokowi yang diikuti oleh Olly Dondokambey dan Steven Kandouw.

Acara diatur secara protokoler dan memberlakukan Prokes Covid-19 yang ketat.
Peserta pelantikan wajib swab H-1 / hari minggu WAJIB SWAB di RS. BUNDA, MEDISTRA ATAU SILOAM.

Menuju istana merdeka / istana negara gubernur dan wakik gubernur menggunakan kendaraan Buggy Car dan setelah tiba di halaman istana merdeka, jalan kaki melewati jajar kehormatan paspampres dan Tiba di Ruang Kredensial Istana Merdeka dijemput protokol dan Presiden. Selanjutnya Perkenalan oleh Protokol Istana dan pengambilan Petikan SK Presiden di Meja yang dipersiapkan.

Prosesi kirab Presiden bersama Gubernur dan Wakil Gubernur menuju Istana Negara dikawal jajar kehormatan paspampres. Tiba di Istana Negara, dijemput protokol dan siap tempat yang dipersiapkan bersama Gubernur dan Wagub Kalimantan Utara.

Pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat, seperti tes swab PCR sebelum hari H, memakai masker, menjaga jarak. Undangan yang hadir pun sangat terbatas.

(*/mild70)

Pos terkait