KPU Tetapkan FDW – PYR Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Minsel Terpilih

  • Whatsapp

Minsel, detiKawanua.com – Dengan menerapkan Protokol Kesehatan, Pleno terbuka penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati Minahasa Selatan digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minsel bertenpat di Hotel Sutan Raja Amurang ,Kamis (21/01/2021).

Agenda Penetapan Paslon terpilih ini sendiri dilaksanakan setelah KPU menerima Surat resmi Mahkamah Konstitusi (MK) perihal pemberitahuan permohonan yang teregistrasi dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK).

Bacaan Lainnya

Acara yang sudah terjadwal pukul 16.00 wita tersebut terpantau tidak dihadiri dua pasangan calon yakni Paslon nomor urut 1 yakni Michaela Paruntu (MEP) – Ventje Tuela (VT) dan Paslon nomor 2 Royke Sondakh (Roso) – Andre Umboh pasalnya Tempat duduk yang disiapkan untuk tiga pasangan calon ternyata dua pasang diantaranya kosong dan satu pasang hanya diisi oleh Pasangan terpilih FDW – PYR.

FDW-PYR yang selalu hadir tepat sebelum waktunya seperti pada acara-acara KPU sebelumnya, memperoleh suara terbanyak , FDW – PYR yang diusung oleh PDIP dengan dukungan Partai Perindo dengan total suara yakni 74.875.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara oleh seluruh Komisioner KPU Minsel disaksikan seluruh undangan yang ada. Berita acara tersebut kemudian diserahkan kepada pasangan calon terpilih, selanjutnya kepada DPRD Minsel, Bawaslu Minsel, partai pengusung nomor urut 1 Golkar yang diwakili, dan Partai Pendukung PDI-P oleh Verkee Pomantouw dan Partai Perindo oleh Jacklyn Koloay.

Setelah Pleno Penetapan FDW-PYR sebagai pasangan terpilih yang selanjutnya akan siap dilantik menyampaikan terima kasih atas dukungan dan partisipasi yang diberikan ke paslon pilihan rakyat Minsel.

“Tentunya saya dan Pak Pendeta Petra mengucapkan terimakasih kepada semua yang telah mempercayakan tanggung jawab untuk memimpin Minsel kedepan, Kami ingin membangun Minsel dan kami mengajak semua komponen untuk bersama-sama membangun Minsel agar lebih maju dan lebih baik,” ujar FDW.

Sementara itu Ketua KPU Minsel Rommy Sambuaga mengungkapkan sesuai dengan PKPU Nomor 9 Tahun 2018 Tentang Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota menyebutkan 3 hari setelah nomor register turun dari MK (Mahkamah Konstitusi) dan KPU RI, maka KPU berkewajiban untuk menetapkan calon terpilih.

“Setelah penetapan paslon terpilih ini, maka proses pilkada sudah selesai dan kita kembalikan ke DPRD untuk mengadakan rapat istimewa dan kemudian menyampaikan surat keputusan kepada Menteri Dalam Negeri RI dan Gubernur Sulut. Kita sudah mendapatkan informasi bahwa pelantikan akan dilakukan pada 17 Februari 2021 mendatang. Keputusan MK ini sudah final dan sudah selesai,” katanya.

Diakhiri acara dilakukan sesi foto bersama antara Bupati dan Wakil Bupati Minsel Terpilih bersama Forkopimda, KPU, Bawaslu, Parpol pengusung serta PPK se-Kabupaten Minsel.

(Vandytrisno/**)

Pos terkait