Pelayanan Terbaik JKN-KIS, Dua Rumah Sakit BPJS Kesehatan Tondano Terima Penghargaan

  • Whatsapp

Minahasa, detiKawanua.com – Pelayanan kesehatan bagi masyarakat terus mengalami peningkatam, Itu tak lepas dari usaha pemerintah untuk terus mengupayakan pelayanan terbaik bagi masyarakat Indonesia.

Salah satunya melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan.

Bacaan Lainnya

Kepastian jaminan pelayanan kesehatan di Fasilitas kesehatan ini mendapatkan sambutan yang sangat baik dari masyarakat Indonesia, yang telah lama merindukan pelayanan kesehatan bermutu dan terjangkau. Meski harus diakui masih terdapat kekurangan, akan tetapi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Rumah Sakit (RS) yang menerima peserta JKN-KIS terus berusaha memberikan pelayanan terbaiknya.

Sebagai penghargaan terhadap fasilitas kesehatan yang memiliki komitmen tinggi dalam menyukseskan Program JKN-KIS dan memberikan pelayanan yang berkualitas kepada peserta diselenggarakanlah BPJS Kesehatan Awards 2020, Rabu (14/10/) BPJS Kesehatan diselenggarakan award FKTP paling berkomitmen dalam memberikan pelayanan terbaik bagi peserta JKN- KIS Kategori klinik pratama tingkat kedeputian wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara.

Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Cabang Tondano, Irfan Chandra Nugraha mengatakan, untuk wilayah BPJS Kesehatan Cabang Tondano ada sembilan kabupaten/kota yakni di wilayah Minahasa Raya dan Bolaang Mongondow Raya. Yang dalam hal ini sebagai penerima penghargaan yaitu Rumah Sakit Budi Setia dan Rumah Sakit Gunung Maria. Award kali ini diikuti oleh seluruh wilayah BPJS Kesehatan di seluruh Indonesia. Khusus untuk Cabang Tondano sistem penilaiannya diantaranya pihak BPJS Tondano memberi masukan ke pusat tentang rumah sakit yang berkompeten.

Contohnya berupa inovasi dan pelayanan kepada masyarakat terutama kepada JKN-KIS yang dilaksanakan oleh rumah sakit tersebut. “Untuk wilayah BPJS Tondano, dari sembilan Kabupaten/Kota terdapat 19 rumah sakit. Berdasarkan jumlah tersebut kami buat seleksi rumah sakit mana yang memenuhi kriteria dari award ini,” katanya.

Bagi rumah sakit yang belum mendapat penghargaan, lanjut dirinya, pihak BPJS Kesehatan Tondano lanjut Nugraha, bakal melakukan koordinasi dalam meningkatkan layanan dan inovasi. “Kami juga berharap agar nantinya seluruh rumah sakit dibawah BPJS Tondano bisa menerima penghargaan secara merata, dengan cara melakukan studi banding antara rumah sakit yang sudah menerima penghargaan dengan yang belum,” ujar Nugraha.

“Karena memang kalau kita lihat jenis kelas rumah sakit maka terdapat sejumlah perbedaan baik dari segi sarana maupun pra sarana dengan rumah sakit dibawah kelas A. Sehingga kami berencana bakal melaksanakan Bimtek untuk rumah sakit yang memiliki tingkat C dan D, kita akan lakukan komitmen juga untuk meningkatkan teknologi dalam pelayanan,” tandasnya. (Baim)

Pos terkait