Kiat Onibala Dinanti , Terkesan “Takut” Tindak 11 ASN Minsel

  • Whatsapp

Minsel, detiKawanua.com – Terkesan diam dan tak berdaya terlihat dalam pemerintahan Pejabat Sementara (Pjs) kabupaten Minsel Drs Mecky M Onibala (M2O) akhirnya menguat desakan agar Aparatur Sipil Negara (ASN) pelanggar netralitas di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) harus diberi sanksi.

Menurut Tokoh Masyarakat Minsel Arie Pasla yang juga mantan Birokrat dengan tegas menyatakan Onibala harusnya melakukan tugas sebagai Kepala Pemerintahan sebagai Pjs berdasarkan aturan yang ada, jangan pilih kasih dalam penegakan Undang Undang. ASN yang sudah terbukti langgar aturan harus diberi sanksi.

Bacaan Lainnya

“ Yang saya tau ada beberapa Pejabat esselon dua yang kenak laporan dan ini tidak boleh bagi seorang ASN sudah jelas melanggar netralitas oleh Bawaslu tidak diberi sanksi? Ini kan aneh,” kata Pasla Sabtu (10/10/2020) kemarin

Tamba Pasla Dikawatirkan karena Sikap dingin Onibala, bakal menyuburkan ASN tidak netral di Minsel yang terkesan pandang enteng.

“Saya kira Reward dan Sanksi itu penting untuk ASN jika berkaitan dengan Pilkada 2020 ini maka ASN harus perlihatkan Netralitasnya dan sudah ada 11 ASN yang dilaporkan dan terindikasi kuat tidak Netral. Jika sebelas ASN yang sudah dinyatakan tidak netral oleh Bawaslu tidak diberi sanksi, maka akan muncul lagi ASN lain yang menjadi tim sukses, harusnya Pjs Onibala jangan cuma Untung Mulu, imbuhnya.

Seperti diketahui hari kemarin sejumlah tokoh pejuang pemekaran Minsel, juga sudah melaporkan 11 pejabat ini kepada Penjabat Gubernur Sulawesi Utara, Agus Fatoni. Mereka meminta Pemprov Sulut mendesak Penjabat Bupati Minsel untuk memberikan sanksi tegas kepada 11 ASN pelanggar netralitas.

Bawaslu Minsel pun menetapkan 11 nama pejabat Minsel melanggar netralitas. Keputusan itu dikeluarkan setelah Bawaslu menerima laporan dan melakukan pemeriksaan terhadap para pejabat itu.

“Berkas sebelas ASN yang melanggar netralitas sudah kami kirim ke Komisi Aparatur Sipil Negara,” kata Franny Sengkey, Komisioner Bawaslu Minsel.
(Vandytrisno /**)

Pos terkait