Di Minut Selain Bendungan Kuwil Ada Taman Wisata Budaya Bakal Mendunia

  • Whatsapp

(foto:ist)

Minut, detiKawanua.com -Diletakkannya batu pertama oleh Gubernur Olly Dondokambey di Kompleks Bendungan Kuwil Kawangkoan Kabupaten Minahasa Utara (Minut) pada Kamis (13/08/2020), menandakan pembangunan Kawasan Taman Wisata Budaya Waruga tersebut sudah dimulai.

Bacaan Lainnya

Adapun kawasan wisata dengan luas 3 Ha lebih dan berada dalam area Bendungan Kuwil-Kawangkoan tersebut, letaknya strategis dengan fasilitas umum sehingga pembangunan, pemugaran dan penataannya, merupakan bagian dari pembangunan waduk dan nantinya dilengkapi dengan sejumlah fasilitas bagi para pengunjung, mulai dari galeri yang berisi tentang informasi budaya dan sejarahnya, gapura, restoran, gardu pandang, taman/kolam Tumatenden, jalan setapak, pagar dan toilet sebagaimana layaknya tempat wisata terkenal lainnya, sehingga pada nantinya taman/cagar budaya Waruga Kuwil tersebut akan menjadi destinasi budaya satu-satunya di dunia yang akan berlabel wisata dunia.

Gubernur Olly dalam penyampaiannya pun mengungkapkan bahwa Bendungan Kuwil tersebut akan dibangun tanpa melupakan memperhatikan sisi budaya.

“Dari awal ini sudah menjadi konsep untuk pariwisata termasuk budaya. Karena budaya tidak boleh dilupakan,” kata gubernur yang menambahkan bahwa dari awal memang kita tidak lupakan identitas Sulut dan cagar budaya tersebut dibuat untuk generasi penerus.

Sementara itu, Kepala Balai Sungai Wilayah Sulawesi I, Bastari dalam laporannya mengatakan target untuk pembangunan Bendungan Kuwil itu sesuai rencana selesai pada tahun 2021 yang pada sekarang ini progresnya sudah mencapai 75 persen.

“Bendungan Kuwil ini memiliki manfaat sebagai pengendali banjir di Kota Manado. Dengan harapan kami tidak terjadi lagi banjir seperti waktu lalu di Manado,” tukasnya.

“Dilokasi Bendungan Kuwil ini juga terdapat 87 waruga makam para leluhur. Makanya, akan dilakukan penataan sehingga menjadi suatu tempat wisata budaya. (mld70/*)

Pos terkait