Example floating
Example floating
Example 728x250
HEADLINENUSA UTARASANGIHE

Patung Presiden Soekarno di Marore Roboh

×

Patung Presiden Soekarno di Marore Roboh

Sebarkan artikel ini

Patung Presiden Soekarno diamankan di Aula Rudis Camat Marore.

Tahuna, detiKawanua.com – Patung presiden pertama republik Indonesia, Bung Karno di perbatasan Indonesia-Filipina tepatnya di Pulau Marore roboh akibat terpaan angin yang cukup kencang. Menurut Camat, Kecamatan Kepulauan Marore, Imelda Lawendatu, S.STP, badan patung yang roboh itu telah diamankan di kantor camat daerah setempat.

“hari sabtu, 23 Mei 2020 pukul 13.30 Wita kerena angin kencang sehingga mengakibatkan patung Soekarno yang terletak di wilayah Pelabuhan Marore telah rubuh,” tulis camat Kepulauan Marore, Imelda Lawendatu, S.STP lewat pesannya ketika dihubungi sejumlah media Selasa (21/7/2020)
Dugaan, patung yang dibuat kisaran tahun 2015 itu tidak kuat dikarenakan proyeknya tidak selesai dengan baik. Berbagai sumber menyebutkan sebenarnya patung tersebut akan dibangun di pusat kota Tahuna namun kemudian dipindahkan di pulau perbatasan.

Bung Karno sendiri, merupakan pemimpin yang banyak dikagumi oleh orang-orang kepulauan di Nusa Utara. Salah satu bukti sejarah menunjukkan berdirinya Partai Nasionalis Indonesia (PNI) bentukan Soekarno (1927) pertama di luar pulau Jawa adalah di Pulau Siau, yang dibawa oleh G.E. Dauhan pada tahun 1928. (Js)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.