Belum Cukup Umur, Disdik Mitra Sarankan Orang Tua Jangan Paksakan Anak Masuk SD

  • Whatsapp

Mitra,http://detiKawanua.com –  Pihak Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) menyarankan para orang tua untuk tidak memaksakan, anak untuk segera masuk sekolah dasar (SD),jika belum cukup umur.

Kepala Dinas Pendidikan Mitra, ASke Benu lewat Sekretaris Felda Tombokan menuturkan sesuai Permendikbud setiap anak tentunya harus melewati jenjang pendidkan yang ada seperti masuk PAUD sebelum melangkah ketahapan sekolah dasar.

Bacaan Lainnya

“ orang tua jangan memaksakan anak untuk segera masuk sekolah dasar tanpa melwati jenjang yang sudah disiapkan, Karena ini juga untuk kepentingan anak tersebut, ditakutkan belum siap dan sudah melangkah lebih jauh,” ungkap Tombokan 21/7/2020.

Dirinya bahkan mengakui, memang dalam permendikbud ada salah satu aturan yang memperbolehkan anak dibawah 7 tahun untuk bisa masuk sekolah dasar, tetapi hal tersebut harus melewati sejumlah ketentuan yang telah ditetapkan.

“ memang ada poin anak umur 6 tahun atau 5 tahun 6 bulan pada tanggal 1 juli tahun berjalan, diperbolehkan masuk SD tetapi  hanya untuk anak-anak dengan kecerdasan istimewa dan anak-anak dengan kesiapan psikis. Hal ini dibuktikan dengan surat rekomendasi dari Psikolog profesional atau bisa ditentukan oleh dewan guru ,” jelas Tombokan.

Tombokan bahkan mengajak seluruh orang tua siswa untuk menyamakan persepsi agar nantinya anak sudah siap dan matang untuk bisa melangkah kejenjang sekolah dasar.

Pos terkait