Ruang Isolasi Penuh, Pemkab Minahasa Siapkan Pengembangan Penambahan Ruangan

  • Whatsapp

Kadis Kesehatan Minahasa, dr Maya Rambitan (Kiri)-Dirut RS Samratulangi Tondano, dr Mariany Suronoto (Kanan).

Minahasa, detiKawanua.com – Pasien terkonfirmasi Positif Covid-19 khusus wilayah Kabupaten Minahasa terus meningkat. Pemerintah semakin intens persiapkan ruang isolasi bagi pasien.

Bacaan Lainnya

Teranyar, sesuai data website resmi www.coronaminahasa.co.id, pasien positif dengan akumulasi berjumlah 18 positif,1 sembuh 1 meninggal dengan total 16 pasien aktif Positif Virus Corona,berdasarkan data tersebut ruang pasien isolasi terisi penuh jika ditambah 13 Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Kepala dinas kesehatan dr Maya rambitan Mkes mengatakan dengan meningkatnya pasien terdampak virus ini ruangan isolasi untuk pasien Covid-19 terisi penuh apalagi pasien diperkirakan terus bertambah.

“Daya tampung ruangan isolasi masi terbatas, saat ini apabila ada ketambahan, pihak rumah sakit akan mengeluarkan rekomemdasi untuk ke rumah sakit rujukan sesuai SK kementerian Kesehatan,” kata Rambitan diruangan, Jumat (22/05).

Dirinya menjelaskan daya tampung ruang isolasi diwilayah kabupaten minahasa ada di 2 tempat rumah sakit sesuai SK Gubernur yakni rumah sakit Samraturangi Tondano dengan ketersedian 8 kamar fasilitas 14 Bad (tempat tidur),selain itu juga Rumah Sakit Noongan tersedia 7 Bad.

“Jadi yang bisa ditampung adalah Pasien yang positif dan pasien dalam pengawasan (PDP), dengan peningkatan situasi ini semua ruang isolasi full,” ungkap rambutan.

Terpisah Direktur Rumah Sakit Samratulangi Tondano dr Mariany Suronoto mengakui penuhnya ruang isolasi pasien dikarenakan peningkatan jumlah pasien PDP maupun terinfeksi Positif Covid-19.

“Memang ruang isolasi saat ini terisi penuh,jadi tidak ada penambahan pasien apabila teridentifikasi,melihat jumlah ruang maupun bad tidak bisa lagi menampung pasien,” urainya.

Meski begitu,pihaknya tetap memfasilitasi jia ada ketambahan pasien untuk diteruskan ke rumah sakit rujukan lainnya.

“Nantinya, Pemkab berencana untuk pengembangan penambahan ruangan,rencana operasional akan dimulai pekan depan,” pungkasnya. (Baim)

Pos terkait