Terima SAKIP Predikat B, Sumendap Optimis Naik di Tahun Mendatang

  • Whatsapp

Mitra,detiKawanua.com – Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap SH, Optimis Peringkat Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP)naik dari peringkat tahun 2019 yakni Peringkat B.

“ kualitas Pembangunan kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintah yang berorientasi hasil di Pemkab Mitra telah menunjukan hasil yang baik, namun masi perlu perbaikan lebih lanjut dan berbagai upaya harus dilakukan agar tahun mendatang nilai SAKIB bisa naik, kalau daerah lain bisa, Mitra juga harus bisa,” ungkap Sumendap Optimis usai menerima Penilaian Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Pemerintah tahun 2019 yang mendapatkan Nilai B.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, Pj Sekda Mitra, David Lalandos, AP.MM menambahkan, sesuai PP Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah dan Perpres Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabiitas Kinerja Instansi Pemerintah, maka ada 5 (lima) indikator yang dipakai untuk penilaian SAKIP yaitu perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi internal dan capaian kinerja.

´indikator inilah untuk menilai tingkat akuntabilita atau pertanggungjawaban atas hasil (outcome) terhadap penggunaan anggaran, mewujudkan pemerintahan yang berorentasi kepada hasil serta memberikan saran perbaikan yang diperlukan,” terang Lalandos.

Dirinya juga meminta kepada kepala Perangkat Daerah untuk berkomitmen dan bergerak cepat secara bersama untuk melaksanakan 5 (lima) indikator yang menjadi penilaian atas Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

“seluruh kepala daerah wajib hukumnua untuk mewujudkan Visi dan Misi Bupati dan Wakil bupati yang terintegrasi dengan program kegiatan di masing-masing perangkat daerah,” tegas Lalandos

Turut mendampingi Bupati James Sumendap pada kegiatan penyerahan Laporan Hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2019 Wilayah III yang meliputi Provinsi D.I. Jogyakarta, Jawa Tengah, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua dan Papua Barat di Ballroom Hotel Tentrem Yogyakarta pada hari ini Senin (24/02/2020) yang dibuka langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo, bersama Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.yakni Pj. Sekretaris Daerah David H. Lalandos,AP.MM., Kepala Bappeda DR. Grace Oroh, Kabag Organisasi DR. Ridwan, MAP, Kabag Umum Setdakab Arce Kalalo, SH, Irban Ir. Sonny Silvanus, Kasubag TUP Judistira Kandow, SSTP dan Aspri Bupati Morthen Kawulusan

Pos terkait