Maret Mendatang Dikbud Boltim Bakal Gelar FL2SN

  • Whatsapp

Boltim, detiKawanua.com – Kegiatan rutin Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FL2SN) digelar setiap tahun, oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Maret mendatang bakal diselenggarakan yang nantinya akan diikuti siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Terkait program FL2SN itu, Kepala Dikbud Boltim Yusri Damopolii mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberi wadah berkreasi guna menampilkan karya kreatif, dan inovatif bagi anak didik, baik SD maupun SMP dengan pengembangan potensi diri secara optimal.

Muat Lebih

“Disisi lain, kegiatan FL2SN diharapkan dapat meningkatkan kreativitas serta, memotivasi peserta didik guna mengekspresikan diri melalui kegiatan sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan lewat kegiatan FL2SN pada Maret mendatang. Saya juga berharap, agar tetap dapat terpelihara semangat dan komitmen kita terkait kegiatan seperti FLS2N di Boltim. Sehingga, proses pengembangan pendidikan khususnya di bidang seni dan budaya, nampak lebih meningkat. Olehnya, seni membentuk kepekaan rasa terhadap lingkungan lokal maupun global,” ujar Yusri, saat bersua awak media ini.

Senada dikatakan, Kepala Seksi Kesenian Dikbud Boltim, Husen Mokoagow S.Pd bahwa FL2SN adalah, kegiatan tahunan digelar Dikbud Boltim. Dan ini, juga menjadi salah-satu pola pembinaan pendidikan bidang seni.

“Disamping itu, kegiatan FL2SN akan menjadi ajang pembentukan karakter peserta didik, supaya mempunyai daya cipta, kelembutan hati, serta kecintaan terhadap seni dan budaya kita,” jelas Husen.

Seperti salah-satu lomba yakni, lomba gambar bercerita, bertujuan menanamkan dan memupuk budi pekerti yang meliputi kemampuan merasakan, baik dan buruk yang tercermin serta, tingkah laku tutur kata dan kesopanan. Juga seperti lomba Pantomim, yang lebih menitipberatkan pada kreativitas perkembangan karakter oleh gerak (motorik-red).

“Nah, melalui lomba pantomim ini, dapat membentuk karakter dan mental peserta didik menjadi pribadi yang cakap, sportif, bertanggungjawab, mengasah daya imajinasi, daya cipta kreasi serta kepercayaan diri,” terang Husen, kepada media ini, Jumat (7/02) akhir pekan kemarin.

Diketahui, jenis lomba pada kegiatan FLS2N Dikbud Boltim diantaranya lomba menyanyi tunggal, seni tari, pantomim, gambar bercerita, dan kriya anyam. (Fidh)

Pos terkait