Empat Puskesmas di Minsel Siap Akreditasi Tahun Ini

  • Whatsapp

Kadis Kesehata Minsel, dr. Erwin Scouten.

Minsel, detiKawanua.com – Setelah Tujuh (7) Pusat Pelayanan Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) telah Terakreditasi pada Tahun 2019 lalu maka tahun 2020 ini ada 4 Puskesmas yang akan masuk kejajaran Puskesmas yang akan Terakreditasi.

Muat Lebih

Hal ini dikatakan Kadis Kesehatan Minsel dr. Erwin Scouten, melalui Sekdis Kesehatan Minsel Rein Koleangan. Menurut Rein, ada 4 Puskesmas yang akan masuk ke Akreditasi Tahun ini dan ada 2 sampai 3 Puskesmas yang rencananya akan Re-Akreditasi artinya Penilaian ulang oleh pihak eksternal

“Memang Untuk Akreditasi Pada Puskesmas agar dapat menjamin bahwa perbaikan mutu, peningkatan kinerja dan penerapan manajemen risiko dilaksanakan secara berkesinambungan oleh Puskesmas itu sendiri maka perlu dilakukan penilaian oleh pihak eksternal dengan menggunakan standar yang ditetapkan yaitu melalui mekanisme akreditasi,” jelas Rein mengutip aturan yang sudah ada.

Lanjut Rein, Puskesmas wajib untuk diakreditasi secara berkala paling sedikit tiga tahun sekali Sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan nomor 46 tahun 2015 tentang Akreditasi Puskesmas, Klinik Pratama, Tempat Praktik Mandiri Dokter dan Dokter Gigi.

Maka Reakreditasi juga harus dilakukan sebagai penilaian ulang oleh pihak eksternal – Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) – untuk memastikan bahwa hal-hal di atas berlangsung secara berkesinambungan. Jelas Rein mengutip setiap aturan Mentri Kesehatan RI.

Adapun tahapan untuk masuk akreditasi Dinas Kesehatan Minsel telah menggelar Workshop Keselamatan Pasien, Jumat (23/8) lalu di Sutanraja Hotel Amurang dan sesuai dengan Standard operasional, (SOP). 7 Puskesmas Minsel yang sudah terakreditasi adalah Puskesmas Modoinding, Puskes Poopo, Puskes Tompaso baru, Puskes Maesaan, Puskes sinonsayang, Pukes Motoling barat dan Puskes Suluun.

Dan dari anggota Tim Akreditasi Nasional Dr Regina T, sesuai dengan hasil penilaian terdapat 3 kriteria putusan akreditasi. Seperti, lolos akreditasi dasar, media sampai dengan, paripurna, dan ketujuh Puskesmas masing-masing lolos dalam tiga kriteria tersebut. (Vandytrisno)

Pos terkait