Doni Ajak Pemerintah dan Warga Sangihe Menanam Pohon

  • Whatsapp

Kepala BNPB pusat Ledjen Doni Mordano.

Tahuna, detiKawanua.com – Kepala BNPB pusat Ledjen Doni Mordano setelah meninjau langsung bencana longsor dan banjir bandang dikecamatan Manganitu dan kecamatan Tamako, Doni mengajak warga yang ada di wilayah setempat untuk menanam pohon ketapang sebab pohon tersebut berakar kuat sebagai salah satu upaya mencegah tanah longsor. Hal ini disampaikannya ketika ia memberikan arahan di apel perdana ASN.

Bacaan Lainnya

“Mulailah kita menanam pohon yang berakar kuat terutama bagi mereka yang tinggal di perbukitan atau tebing, guna mencegah tanah longsor,” kata Doni.

Selain menanam pohon, kata dia, masyarakat yang tinggal di atas bukit atau tebing juga perlu memastikan saluran air terjaga dengan baik.

“Bagi mereka yang tinggal di atas bukit atau tebing, pastikan aliran air mengarah langsung ke bawah atau jangan sampai menggenang atau hilang di bagian atas tebing lalu masuk ke tanah secara berlebihan karena dikhawatirkan membuat struktur tanah menjadi lunak dan rawan terjadi longsoran,” katanya.

Selama musim hujan, kata Doni. Masyarakat yang tinggal di atas bukit atau tebing juga perlu rutin melakukan pengecekan lingkungan sekitar.

“Lakukan kontrol setelah turun hujan apakah ada rekahan tanah atau tidak, kalau ada segera lakukan penutupan dengan tanah dan segera laporkan pada kepala desa atau ke kantor BPBD setempat,” ujar Doni.

Dia mengingatkan warga untuk senantiasa menjaga keseimbangan alam sebagai salah satu upaya pengurangan risiko bencana.

“Tujuan kita menanam adalah untuk menjaga struktur tana agar tetap stabil sehingga tidak muda terjadi rekahan  Pohon berakar kuat bisa berfungsi untuk mengikat partikel tanah sehingga diharapkan dapat mencegah tana longsor. Jelas Doni. (js)

Pos terkait