Curah Hujan Tinggi Dinkes Minahasa Ajak Cegah DBD

  • Whatsapp

Minahasa, detiKawanua.com – Untuk mencegah berkembangnya Nyamuk Aedes Aegypti di kabupaten Minahasa Memasuki musim penghujan tentunya beresiko terkena penyakit demam berdarah dengue (DBD),untuk itu diperlukan pencegahan maksimal agar masyarakat terhindar dari wabah penyakit Cikungunya tersebut.

Untuk itu Dinas Kesehatan kabupaten Minahasa menghimbau kepada seluruh masyarakat agar mewaspadai timbulnya Nyamuk Aedes Aegypti salah satunya dengan melakukan program 3M yaitu Menguras, Menutup, Mengubur.

Muat Lebih

“Paling penting adalah menguras, menutup tempat penampungan air,dan memanfaatkan atau mendaur ulang barang bekas 3 point ini perlu dalam mencegah dampak DBD,” ujar plt kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa dr Maya Rambitan Mkes, Rabu (22/01).

Adapun menurut rambitan musim penghujan biasanya beberapa penyakit yang sering menimpa masyarakat seperti influensa, virus ini menyebar melalui cairan tubuh seperti ingus ataupun air liur yang ditularkan melalui mulut,hidung ataupun tangan yang terkontaminasi.

“Pencegahan influensa lewat olahraga yang cukup,perbanyak makan buah,sayur,cuci tangan kemudian gunakan masker saat flu,” katanya.

Yang kedua lanjut rambitan adalah Diare dikarenakan mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi oleh bakteri,virus atau parasit yang disebabkan oleh bakteri E Coli saimonella,shigella,dan lain.

“Cuci tangan pakai sabun,jaga kesehatan dan mengkonsumsi makanan untuk menghindari diare,” ujarnya.

Sementara yang paling menonjol tambah rambitan ialah kasus DBD penyakit ini akibat virus nyamuk aedes aegypti dan aedes albpictusini ini paling sering terjadi di musim penghujan dengan perkwmbangbiakan nyamuk yang meningkat.

“Dalam poin ini yang perlu diperhatikan ialah 3M plus,” tambahnya

Dirinya mengungkapkan bahwa pihaknya terus melakukan koordinasi disetiap puskesmaa untuk rutin melakukan penyuluhan, dan mensosialisasikan pada masyarakat.

“Kami menghimbau bagi warga untuk memperhatikan beberapa hal diatas agar tidak terkena penyakit saat ataupun setelah musim penghujan,” himbaunya.

Pertama, kata dia, sedapat mungkin mengurangi aktivitas yang tidak perlu diluar rumah, menjaga kesehatan termasuk konsumsi makanan sehat dan bergizi.

“Hal itu penting dilakukan khususnya bagi orang tua dan anak-anak yang rentan terserang penyakit saat musim penhujan,” jelasnya.

Adapun 5 manfaat pencegahan perkembangbiakan nyamuk bagi rambitan ialah memelihara ikan pemakan jentik nyamuk,menggunakan obat anti nyamuk, memasang kawat kasa pada jendela dan fentilasi, tidak menggantung pakaian didalam kamar, serta menaburkan larvasida pada penampung air.

“Lakukan 3M plus dan 5 manfaat pencegahan agar terhindar dari virus virus tersebut,” tutupnya. (im)

Pos terkait