Ulangan Semester SMP Di Boltim Berlangsung Hingga Akhir Pekan

  • Whatsapp

Boltim, detiKawanua.com – Ulangan semester ganjil, diseluruh Sekolah Menengah Pertama (SMP), di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), hari ini Senin (9/12) dilaksanakan. Salah-satu SMP yang melakukan ulangan semester yankni, SMP 1 Tutuyan di desa Tombolikat.

Saat ditemui Kepala sekolah (Kepsek) SMPN 1 Tutuyan, Rafliton Peasu mengatakan bahwa 168 siswa-siswinya hari mengikuti ulangan semester ganjil. “Ada 168 siswa-siswi mengikuti mulai kelas 1 sampai kelas 3. Dan berakhir Jumat (13/12/2019) untuk ulangan semester,” terangnya.

Bacaan Lainnya

Siswa-siswi SMPN 1 Tutuyan tengah mengikuti ulangan semester.

Untuk Soal ulangan, dari masing-masing guru mata pelajaran dan fisilitasi oleh dinas. “Kita usulkan soal ulangan ke Dikbud, lalu pihak Dinas mengumpulkan soal tersebut “Ada 11 mata pelajaran. Untuk hari pertama ini, yakni ulangan mata pelajaran Agama dan PPKN. Setiap 1 mata pelajaran berdurasi 90 menit. 1 hari 2 mata pelajaran ulangan,” ungkap Raflinton.

Usai ujian, Sabtu nanti kata dia, sudah ada hasil ulangan para siswa-siswi sehingga, jika masih ada waktu perbaikan nilai atau ketuntasan para siswa “Yang kita lakukan dalam penuntasan atau perbaikan nilai yaitu, sebelum ulangan semester ganjil sudah ulangan harian beberapa pekan kemarin. Nah, itu yang kita tambahkan pada nilai ulangan semester ganjil ini. Dan ada juga beberapa faktor penilaian, misalnya mit semester dan kehadiran siswa” terangnya, kepada media ini

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Boltim, Yusri Damopolii ditemui diruang kerjanya menuturkan, ulangan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Seperti mengenai soal-soal ulangan, semuanya sama dari seluruh SMP di Boltim.

“Iya, dimulai hari ini ulangan semester sampai Jumat akhir pekan ini. Dengan tes atau ulangan siswa-siswi SMP ini, kita bisa ketahui kekurangan serta kelebihan kualitas masing-masing sekolah, dari hasil ulangan siswa melalui mata pelajaran. Sebab, hasil jawaban (nilai siswa-siswi-red) pada soal ulangan sejalan untuk menjadi gambaran sekolah tersebut, apakah sudah berkualitas atau tidak. Nantinya, ini akan menjadi acuan penilaian mengenai dengan Tunjangan Kerja Daerah (TKD) para guru lewat Peraturan Bupati (Perbub) tahun 2020 mendatang. Jadi, guru penerima TKD diukur berdasarkan hasil ujian siswa-siswi disekolahnya masing masing terkait kualitas sekolah,” beber, Yusri (9/12) siang tadi.

Sementara, siswa SMPN 1 Tutuyan,
Chyntia Andris yang sedang mengikuti ulangan dimaksud menuturkan, dirinya sangat senang mengikuti ulangan semester ganjil ini.

“Saya sangat senang mengikuti ulangan ini. Karena semalam sudah belajar. Jadi tidak ada yang rumit. Kita yakin nilai ulangan akan memuasakan” ucapnya, ikut diiyakan Sarmila Luminu penuh optimis

Senada dikatakan, Teisya Oroh dan Fajil Mamonto bahwa mereka mengikuti ulangan ini dengan hati senang. “Iya, hingga Jumat nanti kita selesai ulangan semester. Dan kita akan ikuti dengan rasa senang” kata, mereka. (Fidh)

Pos terkait