BPOM Pantau Menu Buka Puasa di Kotamobagu

  • Whatsapp

Nampak Petugas BPOM saat Melakukan Pemeriksaan Makanan. /Ist

Kotamobagu, detiKawanua.com – Demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan akibat banyaknya lapak serta kantin yang menjual menu berbuka puasa pada bulan Ramadhan 1436 H ini, BPOM Sulut bersama Dinas Kesehatan dan Disperindakop Kotamobagu melakukan pengawasan jajanan Buka Puasa yang disajikan.
Hal ini terlihat ketika selama dua hari terakhir, Tim BPOM Sulut mendatangi sejumlah titik yang ramai dalam menjual menu puasa, antara di pasar Ramadhan Kelurahan Mogolaing, Pasar Ramadhan Kelurahan Kotamobagu dan Pasar Ramadhan Kotabangon.

Menurut Kepala BPOM Manado, Susan Gracia Arpan, yang memimpin pemeriksaan ini, dari 122 sampel makanan yang dilakukan tes cepat tidak ada bahan makanan yang mengandung bahan berbahaya. Dirinya juga menambahkan, pengawasan makanan ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya bahan makanan yang mengandung zat pewarna,boraks dan bahan kimia lainnya yang berbahaya bagi kesehatan.

Bacaan Lainnya

“Kami tidak menemukan bahan yang berbahaya yang dicampur di menu buka puasa ini,” katanya, Rabu (01/07 ) sore tadi.

Namun, terkait kebersihan jajanan di Kotamobagu, Susan meminta agar perlu diperhatikan lagi. Pasalnya hampir seluruh pasar ramadhan di Kotamobagu berada disamping ruas jalan. Artinya, kendaraan yang lalu lalang, menyebabkan debu beterbangan dan hinggap di jajanan pasar ramadhan. “Seharusnya memakai plastik tipis atau memakai etalase untuk menutup jualan,” harap Susan.

Kepala Dinas Kesehatan Kotamobagu dr Nur Djannah Masloman yang ikut dalam operasi tersebut mengaku bersyukur dengan hasil tes yang dilakukan. Akan tetapi pihaknya terus menekankan kepada para pedagang agar menjaga kebersihannya, ujarnya. (*/Ilman)

Pos terkait