Example floating
Example floating
Example 728x250
BOLTIM

Cegah Stunting, Pemdes Tombolikat Penuhi Gizi Lansia, Ibu Hamil dan Balita Lewat Posyandu

×

Cegah Stunting, Pemdes Tombolikat Penuhi Gizi Lansia, Ibu Hamil dan Balita Lewat Posyandu

Sebarkan artikel ini

Boltim, detiKawanua.com – Sebagai wujud pemanfaatan anggaran Dana Desa (DD) sebagaimana yang diterima oleh setiap desa di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Pemerintah Desa Tombolikat, Kecamatan Tutuyan, memenuhi gizi Ibu Hamil, Balita, dan Lanjut Usia (Lansia), lewat kegiatan Posyandu yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa dan juga pengurus TP-PKK desa Tombolikat.

 

Sangadi Tombolikat Muhammad Nur Alheid dalam kesempatannya mengatakan, sektor kesehatan tentunya menjadi hal yang sangat penting guna menunjang lahirnya manusia yang sehat dan memiliki kualitas sumber daya manusia yang kompetitif dan memiliki daya saing. Salah satunya, adalah melalui kegiatan posyandu yang dilaksanakan disetiap desa dan digelar setiap sebulan sekali.

“Tentunya untuk menekan angka stunting di Desa Tombolikat, pihak Pemdes bersama TP-PKK dan kader Posyandu Desa Tombolikat menggelar kegiatan Pemberian Makanan Tambahan untuk Ibu hamil, Lansia, dan juga Balita. Kegiatan inibrutin dilaksanakan setiap bulan dan diprakarsai oleh pengurus TP-PKK desa dan juga kader Posyandu,” ujar Muhammad Nur, pada Senin (22/04/2024), di Kantor Desa Tombolikat.

Muhammad Nur menjelaskan sebagaimana yang tertuang dalam APBDes Tombolikat di tahun 2024, ada anggaran dana untuk membiayai kegiatan posyandu yakni untuk belanja makanan tambahan bagi Ibu Hamil, Lansia, dan juga Balita. Selain itu dilakukan pula pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh para tenaga kesehatan dari Puskesmas Tutuyan.

“Untuk makanan tambahan yang diberikan berupa susu, bubur kacang hijau, telur dan makanan bergizi lainnya,” kata Muhammad Nur.

Sementara itu, Ketua TP-PKK desa Tombolikat Djamalia Mokodompit menyampaikan bahwa pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil dan balita di kegiatan posyandu merupakan salah satu upaya dari pemerintah desa dalam pencegahan stunting.

“Ini merupakan bagian dari pihak pemerintah desa dalam melaksanakan salah satu program prioritas pemerintah saat ini yakni pencegahan stunting, maka kita berikan makanan tambahan di kegiatan posyandu, dimana makanan tambahan tersebut menggunakan anggaran dana desa,” jelas Djamalia.

Djamalia juga berharap, agar para Ibu hamil, Balita dan Lansia supaya lebih giat lagi untuk datang ke Posyandu guna mendapatkan pelayanan kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Boltim.

“InsyaAllah giat seperti ini tetap kami laksanakan setiap bulan. Untuk itu, kami berharap supaya rajin datang ke Posyandu agar Ibu hamil, Lansia dan juga Balita mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik dan prima,” pungkasnya. (Billy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.