DPRD Sulut Gelar Paripurna Tutup-Buka Masa Sidang 2023, Laporan AKD dan Laporan Hasil Reses

Sulut – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Rapat Paripurna tentang Penyampaian Laporan Kinerja Alat Kelengkapan DPRD dan Penyampaian Laporan Pelaksanaan Reses III Masa Persidangan Pertama Tahun 2022 sekaligus Penutupan Masa Persidangan Pertama Tahun 2022 serta Pembukaan Masa Persidangan Kedua Tahun 2023, Jumat (06/01) bertempat di ruang Paripurna DPRD Sulut.

Rapat Paripurna tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD Sulut Fransiscus Andi Silangen, didampingi Wakil Ketua James Arthur Kojongian, Wakil Ketua Billy Lombok, dan di hadiri Sekertaris Provinsi Sulut Steve Kepel bersama jajaran Pemerintah Provinsi Sulut.

Ketua DPRD Sulut, Andi Silangen mengapresiasi komitmen kerja keras pemerintah Provinsi Sulut dibawah kepemimpinan bapak Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandow, sepanjang tahun 2022.

Ia menyampaikan, Komitmen serta kerja yang tulus ODSK dalam mensejahterakan masyarakat menjadi momentum penting dan perhatian khusus sehingga mampu menorehkan berbagai catatan emas dengan berbagai penghargaan dan prestasi yang diterima Provinsi Sulut.

“Di tahun 2022 setidaknya ada 20 penghargaan dan prestasi boleh dihadirkan oleh ODSK. Prestasi Gubernur dan Wagub ODSK ini selayaknya kita apresiasi setinggi- tingginya atas sejumlah penghargaan diantaranya Paritrana Award 2022 dengan predikat the best dalam hal perlindungan tenaga kerja di daerah dengan jaminan sosial, sehingga dijadikan roll model bagi daerah lain,” kata Silangen.

“Hal ini dibuktikan melalui laporan perkembangan di sektor perekonomian Sulut, ODSK telah menerima penghargaan Primaniyarta dari Presiden Jokowi yang dinilainya mampu meningkatkan perekonomian di Sulawesi Utara khususnya eksport di bidang perikanan dan pertanian sehingga bisa meningkatkan nilai tukar petani yang diikuti dengan gerakan “Marijo Bakobong” yang diinisiasi oleh Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven OE Kandow,” tambahnya.

Lanjut Silangen, upaya pemerintah daerah menekan inflasi serta pemulihan ekonomi pun menunjukan progress yang baik, tumbuh pada angka 6,62 persen di triwulan III tahun 2022. Sementara Indeks Pertumbuhan Manusia (IPM), Sulawesi Utara terus mengalami kenaikan sehingga pada tahun 2022 mengalami peningkatan di angka 73, 81persen.

”Kita tentu berharap prestasi yang diraih pemerintah daerah dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan di tahun 2023 yang memiliki tantangan seperti ancaman resesi ekonomi atas dampak krisis global. Kita meyakini tantangan kedepan dapat dilalui jika kita saling mendukung, bersinergi dan berkontribusi aktif menjaga dan mengawal program dan arah kebijakan pemimpin daerah kita.” tandas Silangen.

Sementara itu, Sekertaris Provinsi Sulut Steve Kepel, membacakan sambutan tertulis Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengataka pemerintah Daerah salut atas sinergitas pimpinan dan segenap anggota DPRD yang senantiasa konsisten menunjukan eksistensi pemenuhan tugas, peran dan tanggung jawabnya dalam menjadi komponen pembangunan bangsa di bumi nyiur melambai.

“Gubernur Olly Dondokambey berharap, hasil pembangunan tahun 2022 akan menjadi acuan bagi DPRD bersama pemerintah daerah dalam menyusun langkah strategis rencana kerja dan arah kebijakan kedepan sehingga seluruh aspirasi masyarakat dapat terakomodasi dan dilaksanakan oleh pemerintah daerah,” ucap Kepel.

Lanjut Kepel, meski harus diakui tidak semua keinginan dan kebutuhan masyarakat dapat diakomodir oleh Pemerintah Daerah dan DPRD karena adanya keterbatasan anggaran.

“Gubernur menekankan patut diapresiasi melalui perencanaan kedepan dalam penyusunan skala prioritas dengan mempertimbangkan aspek disparitas kebutuhan dan kemampuan serta kapasitas pemerintah daerah,” tutupnya. (Advetorial)

Share post:

KOTA MANADO

Inflasi Di Sulut Diangka 3 Persen Berkat Program OD-SK “Marijo Ba Kobong”

Minahasa, detikawanua.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut)...

Pesan Gubernur Olly Menghadiri Ibadah Sekaligus Pelantikan PPR-K XVI FK PKB-GPI Di Minahasa

Minahasa, detikawanua.com - Pemerintah selalu ada hadir ditengah masyarakat...

Gubernur Olly Bersama MenPAN-RB Bertemu Bahas Kuota ASN Dan Kegiatan Di Sulut

Jakarta, detikawanua.com - Melaksanakan pertemuan bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur...

dr Devi Kadis P3A Sulut Jadi Narasumber Pembekalan Calon Mahasiswa IAKN Manado

Manado, detikawanua.com - Mengantisipasi tantangan "3 Dosa" besar yakni...