Pemprov Sulut Berlakukan Assesment Test Bagi Kepsek SMA/SMK, Ini Tujuannya

  • Whatsapp

Sulut, detikawanua.com РAssesment Test bagi Kepala Sekolah (Kepsek) SMA/SMK dibawah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) perlu dilaksanakan. Hal itu bertujuan untuk mengevaluasi kualitas, kejujuran dan motivasi guru dalam memimpin pendidikan di sebuah lingkungan sekolah menengah atas dan kejuruan.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur, Steven Kandouw pada kegiatan temu wicara dengan Kepala Satuan Pendidikan Tingkat SMA/SMK (Negeri dan Swasta) di Kantor Gubernur Sulut, Senin (27/06/2022).

Bacaan Lainnya

Disamping itu menurutnya bahwa, Assesment Test juga menjadi syarat untuk memberlakukan mutasi pejabat PNS, yang hal tersebut juga sudah diberlakukan bagi Pejabat Eselon II di lingkungan Pemprov Sulut.

“SMA/SMK Negeri Kepsek-nya buat Assment, supaya kita boleh tahu di situ kualitasnya, psikotest, kalau perlu tes kebohongan. Hasilnya nanti akan menentukan penempatan kepala sekolah,”ujar Kandouw yang menambahkan karena salah satu penentu kualitas siswa adalah guru dan kepala sekolah, untuk itu perlu dilakukan assesment test.

“Sesuai petunjuk pak Gubernur, bahwa berbicara pendidikan ini tidak bisa main-main. Maka dari itu Pemprov Sulut secepatnya akan melakukan assessment test kepada Kepala Sekolah SMA dan SMK. Secara tegas saya mengingatkan, tidak ada lagi kasak-kusuk, lobi kiri kanan untuk menjadi kepala sekolah. Sampai ketahuan kita coret!,” tegasnya didampingi Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulut, Clay Dondokambey dan Kadis Pendidikan Daerah Sulut, Grace Punuh.

Terpisah itu, oleh Kaban BKD Sulut, Clay Dondokambey kepada wartawan mengatakan, untuk pelaksanaan uji kompetensi guru sebagaimana arahan pimpinan, maka BKD segera akan melaksanakan test.

“Sebagaimana pesan dari pimpinan untuk mengadakan uji kompetensi seperti yang diterapkan pada Pimpinan Tinggi Pratama maka kepala sekolah juga akan mengikuti uji kompetensi tersebut. Indikatornya akan disusun,” ungkap Clay. (mild70)

Pos terkait