JOB Pertamina – Medco E&P Tomori Sulawesi, Masuk di lahan Bersengketa Tanpa Izin, PH Razwin Baka ‘Geram’

  • Whatsapp

Banggai, detiKawanua.com РPenasihat Hukum (PH) Razwin Baka, S.H merasa geram atas tindakan pihak JOB Pertamina РMedco E&P Tomori Sulawesi  yang diduga kuat memasuki lahan perkebunan milik kliennya tanpa izin.

Informasi yang di terima media ini,  tanpa sepengetahuan pihak Kelurahan Lamo maupun dari pihak kepolisian Sektor Batui, sejumlah perwakilan dari perusahaan JOB Pertamina Medco E&P Tomori Sulawesi, di dampingi 2 anggota polisi memasuki lahan yang masih dalam status sengketa, pada Selasa (14/06/2022).

Bacaan Lainnya

Kapolsek Batui Aiptu Ardiansyah Artadana, S.IK., saat di hubungi Media ini melalui panggilan WhatsApp, mangkaui kalau 2 anggota polisi itu bukan anggota dari kepolisian Sektor Batui.

“Saya tidak tahu itu anggota dari mana, yang pasti bukan dari anggota Polsek batui,” jawabnya singkat.

Atas tindakan itu. Razwin Baka, SH. Saat di temui media ini di Coffe Shop, kedai sirah, pada Selasa (14/06/2022) mengatakan pihak JOB Pertamina tidak menghargai proses hukum yang sementara berjalan.

“Seharusnya pihak JOB Pertamina-Medco tidak boleh beraktivitas di lahan yang masih bersengketa, sampai ada putusan hukum yang inkrah dalam proses peradilan ini,” ujarnya dengan nada kesal.

Pengacara Razwin Baka, SH, lanjut menuturkan tindakan pihak perusahaan JOB Pertamina – Medco yang memasuki lahan perkebunan milik kliennya bukan kali pertama.

“Ini merupakan aktivitas yang kedua kalinya. Saat proses peradilan berlangsung di Pengadilan negeri Luwuk mereka (pihak JOB Pertamina -Medco) sudah masuk mengambil sampel tanah di lahan perkebunan itu,” tuturnya.

Informasi yang di himpun media ini melalui putusan pengadilan Negeri (PN) Luwuk No 30/Pdt.G/2021/PN.Lwk., tertanggal 2 maret 2022. Pihak Job pertamina terbukti melakukan perbuatan melawan hukum. Namun atas putusan Pengadilan negeri Luwuk itu pihak perusahaan JOB mengajukan permohonan banding di Pengadilan Tinggi Sulawesi Tengah (Palu).

Sekedar di ketahui, JOB Pertamina – Medco E&P Tomori Sulawesi, merupakan salah satu perusahaan yang melakukan kegiatan operasi untuk sektor hulu minyak dan gas (migas) pada wilayah kerja di Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah
dengan tugas utama melakukan kegiatan eksplorasi dan produksi minyak & gas bumi di bawah pengawasan SKK Migas.

Hingga berita ini ditayangkan pihak perusahaan JOB Pertamina -Medco E&P Tomori Sulawesi, Belum dapat di konfirmasi atas kehadirannya di lokasi sengketa tersebut. (Dino)

Pos terkait