Guna Pengembangan Wisata, Dinas PMD Boltim Minta Pemdes Berdayakan Bumdes

  • Whatsapp

Kepala Dinas PMD Kabupaten Boltim, Hendra Tangel.

Boltim, detiKawanua.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), meminta Pemerintah Desa (Pemdes) harus proaktif untuk menyambut kedatangan wisatawan.

Bacaan Lainnya

Demikian dikatakan Kepala DPMD Boltim, Hendra Tangel bahwa, Pemdes harus memberdayakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk menjual bahan kebutuhan wisatawan.

Terkait itu, menurut Hendra, ini bertujuan guna memudahkan wisatawan mendapatkan kebutuhan yang mereka butuhkan selama berwisata. “Seluruh Desa di tempat wisata yang ada di Boltim wajib menata, juga melengkapi fasilitas untuk kebutuhan para pengunjung. Seperti penyediaan kamar mandi, toilet, tempat makan. Dan jika perlu buat BUMDes untuk menjual kebutuhan para wisatawan di tempat wisata,” tandas Hendra, saat dikonfirmasi sejumlah awak media belum lama ini.

Ia menambahkan, hal ini tidak lain untuk membuat wisatawan yang berkunjung di Boltim, menjadi betah dan nyaman. “Jika ditunjang dengan fasilitas itu, maka setiap wisatawan atau pengunjung akan betah, juga merasa nyaman berlama-lama di Boltim. Juga bisa menambah pendapatan masyarakat setempat,” terangnya.

Terkait itu, salah-satu pengelolah wisata pantai chimoki mengatakan, pihaknya tengah menyediakan semua fasilitas dan kebutuhan para wisatawan.

“Saya selalu update perkembangan wisata. Makanya untuk chimoki sendiri, kami telah menyediakan fasilitas tempat nginap, wahana bermain, makanan dan minuman, serta fasilitas penunjang lainnya, terutama keamanan dan kenyamanan pengunjung diutamakan,” ujarnya.

(Fidh)

Pos terkait