PemDes Laksanakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas PraDes Motoling Satu

  • Whatsapp

Minsel, detiKawanua.com – Dalam mendukung pencapaian kinerja dengan sasaran yaitu meningkatnya kemandirian pengelolaan pemerintahan desa maka Pemerintah Desa Motoling satu melakukan Kegiatan Pelatihan peningkatan Kapasitas Perangkat Desa yang dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa ( PMD ) dlaksanakan di Aula Kantor Desa diikuti semua Perangkat Desa Motoling Satu dibuka oleh Camat Motoling Denny Mumu, SE yang diwakili Sekretaris Camat, Kres Sendow, S.Sos, Rabu (15/09/2021).

Hukumtua Desa Motoling Satu Hanna Manese S.Sos menyatakan syukur kegiatan ini boleh dilaksanakan meski harus berhadapan dengan berbagai kendala namun semua boleh dilalui dengan baik.

Bacaan Lainnya

“Karena kegiatan ini penting maka harus dilaksanakan mengingat Peningkatan kapasitas pada Perangkat Desa adalah bagian dari maksimalisasi Pelayanan kepada masyarakat di Desa Motoling satu , meski ada saja kendala tapi semua boleh dilalui dan kegiatan ini terlaksana , terima kasih atas kehadiran para Narasumber,” jelas Hanna.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa ( PMD) Hendrie Lumapow SH mengatakan, tujuan kegiatan peningkatan kapasitas Perangkat Desa yaitu untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada Perangkat Desa baru tentang pemerintahan desa karena kaitan dengan Peningkatan Pelayanan Publik di Desa.

“Tujuan dalam kegiatan ini yakni meningkatkan SDM Prades dalam peran aktif membangun desa dan mengelola Pelayanan di desa didalamnya terdapat Pembinaan kapasitas aparatur pemerintahan desa, Evaluasi kinerja aparatur pemerintahan desa ,Pembinaan perencanaan pembangunan desa, Pendataan dan Pendayagunaan profil desa, Evaluasi tingkat perkembangan desa, Pembinaan Pengelolaan Administrasi pemerintahan desa, Pembinaan penataan aset desa, Pembinaan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa,” ucap Lumapow.

Lanjut Lumapow ,kegiatan ini juga untuk menumbuhkan komitmen dan sikap kepedulian peserta khususnya terhadap masyarakat miskin pedesaan dan kemandirian masyarakat.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan strategis agar betul-betul memahami tupoksi tugas dan tanggung jawabnya sebagai aparatur pemerintahan desa,” tegas Lumapow.

Adapun Kegiatan ini dihadiri sekaligus menjadi Narasumber yaitu
1. Kapolsek Motoling Iptu Tonny Simarmata
2. Kadis PMD kab. Minse Hendrie Lumapow SH
3. Kapus Motoling Alex Aleks Mamusung,S.Kep
4. Danramil Motoling Ferdinan Tedampa
(Vandytrisno)

Pos terkait