Agustus 2021 Provinsi Sulut Gelar Event “Sulut Hebat Cycling”

  • Whatsapp

Sulut, detiKawanua.com – Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bakal menggelar event Nasional “Sulut Hebat Cycling” yang dilaksanakan 21 Agustus 2021 dengan menghadirkan para pesepeda handal se-Indonesia di Bumi Nyiur Melambai sekaligus merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia.

Lewat event ini, para pesepeda akan melewati jarak kurang lebih 100 KM. Rute akan dimulai dari Kolongan, Tetempangan dan finisnya di Benteng Moraya Tondano dengan target 500 perserta.

Pernyataan tersebut disampaikan saat Press Conference yang menghadirkan pembicara Ketua Panitia Alvin Taulu, wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, wakil Walikota Manado Richard Sualang, Ketua KADIN dan KNPI Sulut Rio Dondokambey, dan Founder Women’s Cycling Community (WCC) Nusantara Tabitha Sumendap, Kamis (27/05) bertempat di Casa Baku Dapa Manado.

Ketua Panitia Alvin Taulu menyampaikan, alasan Sulut dipilih sebagai tuan rumah, karena pariwisatanya sangat menarik dengan berbagai bukit, pantai dan danau yang indah.

“Disini kami akan mengajak para penggemar sepeda melintasi Manado-Tomohon-Minahasa dengan menghadirkan komunitas yang bukan hanya dari WCC, juga menghadirkan komunitas Manado Cycling Mania (MCM) dan pesepada se-Indonesia untuk berpartisipasi di acara ini,” ungkapnya.

“Ada juga Lipstick Rider yang melibatkan artis Indonesia untuk melakukan gowes disini dan juga mengundang para petinggi Pusat yang nantinya akan di buka oleh Gubernur Sulut,” sambungnya.

Ia juga mengatakan, panitia akan menjalankan kegiatan ini secara profesional dari segi keamanan dan standar covid.

“Kegiatan ini berlangsung dengan standar protocol covid, kita percaya Wisatawan dunia akan berkunjung ke Sulawesi utara. Kita berharap target peserta yang datang akan memberitakan Sulut itu daerah yang aman, makanan yg enak, dan bisa berdampak baik untuk masyarakat dan pariwisata Sulut,” tandasnya.

Sementara itu, wakil Walikota Manado Richard Sualang menyampaikan, Sebagai pemerintah Ia mensuport kegiatan ini guna menggerakkan roda ekonomi dan pariwisata, dan menimbulkan kepercayaan diri pada masyarakat kota Manado dimasa pandemi.

“Kami menyambut baik, ini menggerakkan ekonomi Sulawesi Utara. Apalagi ada event olahraga ditunjang dengan hiburan yang menunjang pariwisata Sulawesi Utara sesuai dengan program OD-SK supaya Sulut bisa muncul secara nasional bahkan internasional untuk mempromosikan pariwisata di Sulut,” kata Sualang.

Senada yang disampaikan wakil Walikota Manado, Ketua KADIN dan KNPI Sulut Rio Dondokambey mengatakan, kegiatan ini bisa meningkatkan Ekonomi masyarakat dan meningkatkan wisatawan datang ke Sulut.

“Sebagai Ketua KADIN, sebagai pengusaha dan KNPI, Dengan adanya acara skala besar ini pasti roda ekonomi bergerak cepat. Jangan kita sia-siakan acara ini. Dan mari kita gunakan event ini untuk memperkenalkan Sulawesi Utara karena banyak yang tidak tahu daerah kita ini sangat indah,” tutur Rio Dondokambey.

Ditempat yang sama, Founder WCC Nusantara Tabitha Sumendap, merasa senang akhirnya ada sesuatu excited dengan digelarnya “Sulut Hebat Cycling” yang di dukung pemerintah Sulut dan Kota Manado.

“Saya sebagai Founder WCC Nusantara berterima kasih kepada WCC Manado yang turut meramaikan acara ini. Kami dari WCC sangat semangat dan menyambut baik karena kegiatan ini sangat positif dan harus di dukung,” ujar Tabitha.

Dikesempatan yang sama juga, wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw menyampaikan dirinya akan menjadi peserta dalam event ini.

“Tahun ini kita mampu bertahan dengan Covid. Jadi saya pikir acara ini multiflayer efeknya banyak. Selain kita memanfaatkan tradisional tourism kita juga harus mampu mengembangkan Sport tourism,” Jelas Kandouw sembari mengatakan semoga event dan gagasan ini diberkati Tuhan agar kita mampu mensukseskan kegiatan sampai hari pelaksanaan.


(Enda)

Pos terkait