DPRD Sulut Gelar Paripurna Tutup-Buka Masa Persidangan, Penyampaian Laporan Kinerja AKD dan Laporan Pelaksanaan Reses Pertama Tahun 2021

  • Whatsapp

Sulut, detiKawanua.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Rapat Paripurna DPRD Dalam Rangka Penutupan Masa Persidangan Pertama Tahun 2020 dan Penyampaian Laporan Kinerja Alat Kelengkapan DPRD Sekaligus Pembukaan Masa Persidangan Kedua Tahun 2021 dan Penyampaian Laporan Pelaksanaan Reses Pertama Tahun 2021, Senin (19/04).

Rapat Paripurna tersebut di pimpin langsung Ketua DPRD Sulut Fransiscus Andi Silangen di dampingi Wakil Ketua Victor Mailangkay, Wakil Ketua Billy Lombok dan dihadiri Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Sulut Steven O. E. Kandouw serta jajaran forkopinda Provinsi Sulut.

Diketahui, laporan kinerja AKD Pimpinan DPRD diserahkan oleh Wakil Ketua Billy lombok. Laporan Kinerja Komisi 1 DPRD diserahkan oleh Muhammad Wongso, sedangkan laporan Kinerja Komisi II diserahkan oleh Sjenny kalangi. Sementara laporan kinerja Komisi III diserahkan oleh Wakil Ketua Komisi stella Runtuwene dan laporan kinerja Komisi IV  diserahkan oleh Wakil Ketua Komisi Craig Neichel Runtu. Disusul Bapemperda oleh Melky Jakhin Pangemanan dan Badan Kehormatan (BK) DPRD diserahkan langsung Ketua BK Sandra Rondonuwu.

Ketua DPRD Sulut, Fransiscus Andi Silangen memberikan apresiasi atas kinerja AKD masa persidangan pertama Tahun 2021. “Diharapkan kedepan AKD lebih di optimalkan dan di tingkatkan,” kata Silangen

Sementara untuk laporan hasil Reses Anggota DPRD Sulut masing masing dapil di wakili oleh anggota DPRD yakni
Kota Manado diserahkan Kristo Ivan Lumentut, Minut-Bitung oleh Berty Kapojos, Nusa Utara oleh Toni Supit,
Bolmong raya Yusra Alhabsyi, Minsel-mitra – Stella Runtuwene dan terakhir dapil Minahasa-Tomohon diserahkan oleh Melisa Gerungan.

Dalam sambutannya Gubernur Sulut, Olly Dondokambey memberi ucapan terima kasih kepada DPRD Provinsi Sulut. Ia juga menyampaikan rasa bangga atas nama pemerintah dan rakyat provinsi Sulut.

“Saya ucapkan terima kasih dan apreasi yang tinggi kepada pimpinan dan Anggota DPRD Sulut atas terlaksana agenda paripurna ini. Pemerintah¬†dan segenap rakyat sulut sampai saat ini berbangga kepada segenap pimpinan dan anggota DPRD Sulut senantiasa konsisten menunjukkan eksisten pemenuhan tanggung jawab keluhan rakyat, mampu membangun sinergitas dengan pemerintah untuk membangun daerah nyiur melambai. Pemerintah sulut dapat mengawal pencapaian visi dan misi pembangunan sulut ditengah tantangan pandemi covid 19,” kata Gubernur.

Gubernur Olly Dondokambey mengharapkan agenda reses yang sudah di laksanakan Anggota DPRD Sulut bisa menjadi bahan menyusun langkah kedepan membangun Provinsi Sulut.

“Seiring dengan agenda paripurna ini sangat diharapkan hasil kegiatan reses tahun 2021 menjadi bahan DPRD Sulut untuk bersama pemerintah daerah untuk menyusun langkah strategis rencana kerja kedepan sehingga seluruh kebutuhan dan aspirasi masyarakat dapat terakomodasi dan dilaksanakan oleh pemerintah daerah,” jelasnya.

Dari ragam aspirasi yang disampaikan, Gubernur Sulut menyadari pemerintah daerah Provinsi Sulut masih memiliki keterbatasan.

“Dari aspirasi masyarakat kita sadari, dan tidak dapat dipungkiri pemerintah Provinsi Sulut masih memiliki berbagai kekurangan dan keterbatasan. Tidak semua kebutuhan dapat terpenuhi, sehingga perlu di susun hal-hal prioritas dengan mempertimbangkan aspek kualitas pemenuhan kebutuhan dan kemampuan serta kapasitas pemerintahan daerah”, terangnya.

Di momen paripurna, Gubernur Sulut menyampaikan di tahun 2020 banyak anggaran APBD Provinsi Sulut yang di alokasikan untuk kegiatan yang harus diprioritaskan.

“Ini menjadi persoalan pemerintah daerah sulut. Kita tau persis dalam tahun 2020 APBD Pemerintah Provinsi Sulut kurang lebih 353 milyar APBD Provinsi Sulut harus mengalokasikan kegiatan pilkada serentak yang di laksanakan di Provinsi Sulut. Tanpa kita sadari juga dalam kehidupan di Tahun 2020 terjadi pandemi covid 19, dan pemerintah Sulut harus mengalokasi dana dalam rangka membendung penyebaran covid 19 di Sulut,” tandasnya. (Advetorial)

Pos terkait