Example floating
Example floating
Example 728x250
SULAWESI UTARATALAUD

Ambruk, Tanggul Desa Musi Diduga Asal Jadi

×

Ambruk, Tanggul Desa Musi Diduga Asal Jadi

Sebarkan artikel ini

Talaud, detikawanaua.com – Tanggul Sungai Yang terletak di Desa Musi Satu Kecamatan Kalongan Kabupaten Kepulauan Talaud, Sabtu pagi 16 Januari 2021, tiba-tiba jebol akibat derasnya air sungai. Kejadian tersebut sempat menghebohkan warga Desa Musi Satu.

Beruntung peristiwa tersebut, tidak sampai merusak rumah warga yang berada di sepanjang pinggiran sungai.

Kepala Desa Musi Satu “Herson H Panahal, mengatakan dimana usai tanggul jebol masyarakat desa dengan dibantu seluruh perangkat desa yang langsung bergerak menggelar bakti massal untuk menghindari kerusakan talud. “Dengan menggunakan peralatan seadanya, kami melakukan pengganjalan dengan menggunakan kayu kelapa untuk bisa bertahan dari air sungai meski hanya bersifat sementara”, ujar Herson.

Hal yang sama dikatakan Ketua BPD Julmen Mamalanggo, “dimana dengan adanya kondisi cuaca saat ini, dihimbau kepada seluruh masyarakat terutama yang berada di pinggiran sungai untuk tetap waspada jika terjadi bencana seperti ini .

Di ketahui Proyek pembuatan Talud yang di bangun di sepanjang bantaran sungai Desa Musi satu, dikerjakan oleh Pemerintah Desa Sebelumnya yang bekerja sama dengan PNPM kala itu .

Di duga proses pekerjaan proyek tersebut di lakukan asal jadi dan tidak dilaksanakan sesuai RAP Pekerjaan, hal tersebut di buktikan dengan belum lama selesai di kerjakan proyek tersebut sudah rusak ungkap “Julmen.

Berdasarkan data dari BMKG, diawal bulan Januari 2021 khusus di beberapa daerah di Provinsi Sulawesi Utara, termasuk diwilayah Kabupaten Kepulauan Talaud, curah hujan serta angin kencang akan terus terjadi, dihimbau kepada seluruh masyarakat terutama yang tinggal dibantaran sungai dan pinggiran pantai serta di tempat yang berpotensi terjadinya bencana alam agar tetap terus waspada.

Warga masyarakat mengharapkan, kiranya ada perhatian dari pemerintah Kabupaten terutama instansi yang terkait, seperti BPBD Dan Instansi yang berwenang untuk tetap memperhatikan jika sewaktu – waktu terjadi bencana alam diwilayah Kabupaten kepulauan Talaud. Keseriusan pemerintah sangat di harapkan masyarakat dalam kepedulian untuk membatu warga yang tertimpa bencana alam. (Ive)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.