Bapelitbangda Minahasa Gelar Bimtek E-Planing Aplikasi SIPD

  • Whatsapp

Minahasa, detiKawanua.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Minahasa, menggelar bimbingan teknis (Bimtek) E-Planning penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD), Senin (12/010) pagi, bertempat di Hotel Mercure, Desa Tateli Kecamatan Mandolang.

Bimtek yang bertujuan untuk memberikan pemahaman bagi Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Aparatur perencanaan ini, dibuka oleh Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi, melalui Sekretaris Daerah Minahasa Frits R Muntu SSos.

Bacaan Lainnya

Muntu saat membacakan sambutan Bupati mengatakan, dengan perkembangan teknologi saat ini, memberi dampak mendalam pada tata kelola pemerintahan. Dimana, saat ini telah memasuki era revolusi industri yang membuktikan bahwa, perjalanan teknologi telah sampai pada era digital, yang mengharuskan seluruh aktifitas industri yang dikembangkan menggunakan inovasi digital yang bercirikan otomasi dan ekonomi digital, sehingga bentuk persaingan akan semakin terbuka.

“Ini menjadi tantangan bagi kita Pemkab Minahasa untuk mewujudkan tata kelola pemerintah dan pelayanan publik yang berbasis elektronik atau E-Government, dalam upaya mewujudkan pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel,” kata Muntu.

Lanjut kata dia, Kementerian Dalam Negeri saat ini telah melauncing SIPD dan mutlak digunakan, dalam rangka melaksanakan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 70 tahun 2019, tentang SIPD.

“Terimaksih kepada Tim Pusat Data dan Informasi dari Kementerian Dalam Negeri RI yang berkenan hadir untuk memberikan materi Bimtek pada kegiatan ini. Pemkab Minahasa akan terus berbenah untuk penyelarasan pengelolaan perencanaan dan penganggaran antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah serta mewujudkan pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan Akuntabel untuk kemajuan Minahasa,” pungkasnya.

Kepala badan Bapelitbangda Kabupaten Minahasa Philip Gerald Siwi, SE kepada media ini, mengatakan manfaat dari Sistem Informasi Pemerintahan Daerah ini adalah adanya efisiensi efektivitas, akuntabilitas dan transparansi. Dalam Aplikasi sistem informasi ini ada tiga dashbord yaitu informasi perencanaan, informasi keuangan daerah dan informasi pemerintahan daerah yang termasuk didalamnya ada Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

“Jadi satu aplikasi ada tiga dasbord yang kesemuanya terintegrasi dalam satu sistem,” jelas Siwi.

Sementara, kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari ini (12-14 Oktober) dihadiri seluruh Kepala OPD di jajaran Pemkab Minahasa, dan menghadirikan Narasumber Kepala Sub Bidang Pembangunan dan Pengembangan Pusat Data Sistem Informasi Kementerian Dalam Negeri Republik Dedy Jamal ST MA dan Tim.

Pos terkait