Rio Pun Bajual Kopra, Sosok Muda Kreatif Tak Kenal Gengsi

  • Whatsapp

Minut, detikawanua.com – Sosok Rio Dondokambey yang mempunyai nama lengkap Rio Alexander Jeremia Dondokambey, tentunya sudah tak asing lagi ditelinga masyarakat Sulawesi Utara terutama bagi kaum millennial. Pasalnya pemuda kelahiran November 1995 itu, walaupun merupakan anak sulung dari pasangan Gubernur Olly Dondokambey dan Ibu Rita Tamuntuan tapi tak mengenal kata gengsi dalam kehidupannya.

Hal tersebut pun dibuktikannya dengan mengikuti jejak sang ayah, mulai dari proses mengolah kelapa hingga menjadi kopra dan menjualnya sendiri ke salah satu pihak perusahaan di Bitung.

Bacaan Lainnya

Rio yang juga kini dipercayakan sebagai Ketua KNPI Sulut itu pun pada Selasa (30/06/2020) yang bersama dengan kendaraan truck mengangkut kopra sebanyak 4.131 Kg dari kebun milik keluarganya menuju Kota Bitung yang kemudian menjual hasil kopra tersebut dengan harga yang diambil perusahaan senilai Rp 7.350/Kg.

Hal itupun tidak hanya memotivasi dirinya, namun juga diharapkannya agar para kaum Sulut di era sekarang ini tetap kreatif dan produktif, serta tidak gampang menyerah dalam kondisi sesulit apapun, dengan memberdayakan kemampuan yang dimiliki berdasarkan ketrampilan dan kreativitas masing-masing.

“Sebagai seorang pemuda kita harus punya yang namanya etos kerja, semangat, kreativitas, inovasi, passion dan masih banyak hal positif lainnya. Jadilah anak muda yang produktif. Sebagai petani, nelayan, content creator, celebgram, youtuber, entrepreneur dan berbagai pekerjaan lainnya. Karena pemuda bukan soal profesi, tapi soal kreasi,” kata Rio seraya berpesan di era pandemi Covid19 sekarang ini kiranya kaum pemuda bisa produktif dengan mengedepankan ide-ide kreatif dan berkarya sesuai kemampuan potensi diri.

“Oh ya, satu lagi. Berhenti mengeluh karena itu tidak produktif. Pakai kemampuanmu, berikan masukan positif yang konstruktif guna membangun daerah yang sama-sama kita cintai ini,” pesan Rio.

Tidak hanya sampai disitu, Rio pun ‘membakar’ semangat kaum muda guna menghadapi tantangan kehidupan dengan terus menggali potensi diri.

“Kita punya potensi, itu besar. Memang banyak hal teknis yang perlu dibenahi dalam konteks kepemudaan. Tapi jika kita awali itu dengan tekad dan semangat perjuangan, saya berani jamin, kita bisa lebih maju,” tandasnya.

Diketahui, kedatangan Rio di Bitung tersebut turut didampingi Ketua DPRD Bitung Aldo Nova Ratungalo beserta Ketua Fraksi PDIP Geraldi Mantiri.

(mld70/*)

Pos terkait