Gubernur Melalui Pemprov Sulut Perangi Covid-19, Serta Terus Upayakan Bantuan Hingga Rumah Singgah dan APD

  • Whatsapp

Manado, detiKawanua.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut) hingga saat ini terus bergerak maju dengan berbagai upaya dalam menghadapi melawan pandemi Covid-19 atau Corona di Bumi Nyiur Melambai. Keseriusan dan fokus tersebut pun sesuai arahan Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang didukung Wakil Gubernur Steven Kandouw dan Sekertaris Provinsi Sulut Edwin Silangen dalam berbagai kebijakan untuk Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) hinggga Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid -19 Sulut, yang kesemuanya itu terlihat jelas mulai dari penyediaan anggaran APBD, penyaluran berbagai bantuan sosial dari masing-masing SKPD hingga penyediaan rumah-rumah singgah dan fasilitas untuk Orang Dalam Pemantauan (OPD) serta penyediaan Alat Pelindung Diri (APD).

Adapun pasca ditetapkan oleh Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) akan pandemi Corona yang telah mendunia termasuk di Indonesia, oleh Pemprov Sulut dibawah kendali Gubernur Olly dan Wagub Kandouw pun bergerak cepat. Tak hanya mengeluarkan himbauan untuk mengajak masyarakat menjaga kebersihan diri dan lingkungan, tapi atas kebijakan dan melalui jajaran SKPDnya pun aktif melakukan kegiatan secara preventif dan represif untuk melawan Corona di Sulut.

Bacaan Lainnya

Bantuan langsung kepada masyarakat yang disalurkan oleh SKPD bagi para pekerja informal yang setiap harinya hanya ditopang oleh pendapatan sehari-hari, serta bagi masyarakat yang terdampak Corona berupa sembako. Sementara itu, untuk penyediaan sejumlah Rumah Singgah yang bertempat di Kantor Penanggulangan Krisis Kesehatan memiliki 30 kamar lengkap tempat tidur, kamar mandi, dapur hingga gudang yang juga dipastikan telah memenuhi protokol kesehatan penanganan Covid-19.

Tidak hanya satu tempat itu, namun Pemprov Sulut telah menyiapkan rumah singgah lainnya yang siap digunakan yang bertempat di Kantor Diklat Maumbi berkapasitas 100 kamar, Kantor Bapelkes 270 kamar, dan Asrama Haji Tuminting dengan 300 kamar serta LPMP Sulut 40 kamar.

Dimana selain keterlibatan SKPD dan satuan Gugus Tugas Pemprov Sulut juga peran serta dari Ketua TP PKK Sulut Rita Dondokambey Tamuntuan dan Wakil Ketua, Kartika Devi Kandouw Tanos beserta jajaran Tim PKK Sulut serta kerabat, yang juga diketahui kedua srikandi itu merupakan istri dari Gubernur Olly dan Wagub Kandouw pun turut serta mengambil bagian dalam membantu Pemprov Sulut menjalankan fungsi tugas masing-masing.

Ibu Rita pada sebelumnya hampir sepekan ini, selain telah menyumbangkan sejumlah bantuan pribadi dari keluarga Dondokambey-Tamuntuan, ternyata juga dirinya terlibat dalam proses pembuatan masker kain yang dibagikan kemasyarakat. Dimana kerjasama istri gubernur itu pun hingga proses menjahit bersama para sejumlah tenaga penjahit terus bekerja (menjahit masker) yang diketahui saat ini keterbatasan masker untuk disumbangkan ke medis di rumah-rumah sakit dan rumah singgah.

Lain halnya pula dengan istri dari Wagub Kandouw yakni dr Devi, dengan keahlian profesi medisnya dirinya turun langsung menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) untuk memantau kondisi hingga mengambil bagian sift merawat para Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Rumah Singgah Bandiklat Maumbi. (Advetorial Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Daerah Sulut)

Pos terkait