Bupati Minahasa Minta Insan Pers Kawal dan Awasi Penyaluran Bansos

  • Whatsapp

Bupati Minahasa (Kiri) – Ketua Pers Minahasa (Kanan).

Minahasa, detiKawanua.com – Bupati Minahasa meminta kepada seluruh insan pers untuk bekerja sama mengawasi pendistribusian bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat yang terdampak Pandemi Covid-19 yang pada rencananya akan disalurkan sebelum paskah nasional 2020.

Bacaan Lainnya

“Saya meminta kepada insan pers untuk memantau dan pengawasi penyaluran sembako,” ucap ROR saat konfrensi pers akhir pekan lalu.

Menurutnya, bantuan tersebut akan diserahkan kepada pemerintah desa/kelurahan oleh karena itu penyaluran bantuan harus dilaksanakan dengan benar serta menghindari cara-cara yang mengambil keuntungan pribadi.

“Jangan ada yang coba -coba mencari keuntungan dari pembagian sembako ini, jika telah memperoleh bantuan jangan lagi mengambil hak orang lain cuma karena ada kedekatan dengan pemerintah desa atau kelurahan,” tegas Bupati Royke Roring.

Terpisah Ketua Pers Minahasa Kelly Korengkeng mengatakan Pengawasan dari jurnalis sangatlah penting karena wartawan adalah sebagai fungsi kontrol penyaluran bansos di minahasa.

“Intinya, pers minahasa siap mengawal dan mengawasi penyaluran serta penggunaan dana pergeseran dalam rangka percepatan pencegahan penyebaran covid-19 di minahasa,” pungkas korengkeng.

Diketahui pada tahap satu ini Pemkab Minahasa sudah menyediakan 102 ton beras dan bahan pokok lainnya seperti minyak goreng, telur dan mie instan yang akan disalurkan kepada warga miskin dan yang terdampak Covid-19. penyaluran bantuan ini menyasar pekerja harian seperti tukang Ojek, Kusir Bendi, Sopir Aangkutan Umum, keluarga yang termasuk dalam basis  program keluarga harapan (PKH) dan bantuan pangan non tunai (BPNT) dan keluarga pasien dalam pengawasan(PDP) serta  keluarga orang dalam pemantauan (ODP). (Baim)

Pos terkait