Dua Keranda Jenazah Hitam Warnai Demo LMI di Kejati Sulut, Tanda Matinya Supremasi Hukum

  • Whatsapp

Manado, detiKawanua.com – Ratusan massa aksi damai dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Laskar Manguni Indonesia (LMI) ang tiba pukul 12.00 Wita siang tadi di Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Utara (Sulut) dengan membawa dua keranda jenazah terbungkus kain hitam, langsung melakukan orasi dihalaman depan gedung Kejati Sulut.

Dalam tuntutan dimaksud yang disampaikan Hanny Pantuow yang merupakan Tonaas Wangko LMI menegaskan ditujukan kepada Kepala Kejati Sulut terkait adanya dugaan penyalahgunaan anggaran negara atau korupsi di anggaran bencana pembangunan pemecah ombak di Desa Likupang Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Sulawesi Utara (Sulut) Tahun Anggaran 2016 yang diperkirakan sebesar Rp8,3 Miliar (tertera dalam isi dokumen pra peradilan).

Muat Lebih

Dalam orasinya juga, Hanny mengungkapkan pihaknya mengantongi data-data lengkap termasuk hasil pemeriksaan pihak pengadilan (saksi dan putusan di pengadilan) bahwa diduga tersangkut nama dari oknum Bupati Kabupaten Minut yang kini masih pejabat aktiv.

“Keranda yang kami bawa ini sebagai tanda matinya supremasi hukum jika pihak kejaksaan hanya diam tidak menindaklanjuti kasus ini. Nantinya (keranda) akan dibakar, dan jika tidak ada kejelasan lagi maka kami LMI akan datang lagi ke sini dengan membawa tenda dan menginap dihalaman Kejati ini,” tegas Hanny dihadapan massa dan pihak kejaksaan dan kepolisian yang saat itu langsung turun Kapolres Manado Kombes Pol Benny Bawensel yang melakukan pengamanan.

“Kasus ini sudah berjalan 3 tahun lamanya, dan saya LMI pun sudah 3 kali datang ke tempat (Kejati Sulut) bahkan, hingga ke Jakrta dan telah menyurat ke pak Presiden. Dimana juga sejauh ini diketahui sudah ada empat yang ditangkap karena kasus ini,” tambahnya.

Adapun diketahui diakhir aksi tersebut, para pemdemo tidak berhasil menemui Kajati Sulut (tugas luar daerah) namun, atas kesepakatan bersama dengan pihak kepolisian dan perwajikan kejati terhitung dua hari dari sekarang (Senin,red) perwakilan LMI akan kembali datang menemui Kajati Sulut.(mild70)

Pos terkait